MANTAP.. Desa di Borobudur ini Dirikan Bilik Sterilisasi Virus untuk Tamu yang Datang

BNews–BOROBUDUR– Kesadaran masyarakat Wanurejo Kecamatan Borobudur mewaspadai penyebaran Virus Corona patut diacungi jembol. Secara swadaya mereka mendirikan bangunan sederhana untuk mensterilisasikan siapa saja yang hendak masuk ke desa itu.

Di pintu masuk desa itu didirikan Bilik Sterilisasi Covid 19. “Lokasi ini dibangun swadaya dan sukarela oleh paguyupan pemuda sini. Tentunya hal ini guna menggerakan kesadaran akan bahayanya covid 19,” ungkap salah satu tokoh pemuda, Ndori.

Dijelaskannya, bahwa aksi pembuatan bilik ini sebagai salah satu langkah mereka menyikapi pencegahan wabah corona di Magelang. “Bilik sterilisasi covid 19 ini dijaga secara bergantian oleh relawan pemuda. Harapannya setiap orang atau tamu yang memasuki wilayah tersebut bersedia berhenti untuk membersihkan diri dengan cara masuk ke bilik yang kemudian akan di semprotkan cairan disinfektan,”jelasnya.

Penyemprot cairan disinfektan di design sedemikian rupa dengan perangkat kompresor elektrik yang sebelumnya digunakan sebagai alat pencucian mobil. “Untuk membersihkan diri dari covid-19 di bilik ini tidak di pungut biaya. Sedangkan biaya operasional bilik sterilisasi merupakan iuran swadaya dari warga setempat,” ungkapnya.

Ndori mengungkpakan juga bahwa ide pendirian bilik sterilisasi covid 19 ini di awali dari kesadaran pemuda tingal Desa Wanurejo yang menginginkan wilayahnya bebas dari wabah Covid-19. Dimana saat ini virus tersebut begitu cepat menyebar.

“Apalagi dengan adanya mobilisasi orang dari luar wilayah yang berinteraksi dengan warga di dusunnya cukup tinggi. Selain menerapkan pshycal distancing sesuai dengan anjuran pemerintah, maka upaya pendirian bilik sterilisasi ini di harapkan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (bsn)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: