Masuk Daftar Agenda Liburan, Nature Park Telomoyo Sajikan Hutan Pinus Alami

BNews–MAGELANG– Untuk diketehai kembali,  Gunung Telomoyo merupakan salah satu tempat wisata yang sempat ramai dikunjungi orang. Terutama sebelum penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Hal tersebut terjadi karena wisatawan dapat mencapai puncak gunung 1.894 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut tanpa harus susah payah mendaki. Jep sewaan dan sepeda motor bisa mencapai puncak Telomoyo.

Namun, ternyata kawasan puncak Gunung Telomoyo bukan hanya jadi satu-satunya daya tarik wisata di sana. Kawasan hutan pinus yang ada di area kaki Gunung Telomoyo pun akan dijadikan tempat wisata baru.

Telomoyo Nature Park adalah nama tempat wisata baru tersebut yang saat ini masih belum buka karena masih PPKM Darurat dan dalam tahap pengerjaan. Seputar Telomoyo Nature Park Telomoyo Nature Park nantinya dapat dijangkau dari Dusun Pandean, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi tempat ini hanya sekitar 1 kilometer (km) dari pintu masuk Gunung Telomoyo via Dalangan.

Menurut salah satu pengelola Telomoyo Nature Park bernama Safii, Telomoyo Nature Park dibangun di hutan pinus milik Perhutani dan menyuguhkan wisata dengan nuansa alam.

“Kita juga menyediakan ATV track, juga masih mengusahakan jogging track dan juga rumah-rumah kecil semacam homestay bagi pengunjung yang ingin bermalam di bawah hutan rimbun,” katanya.

Ia melanjutkan, nantinya pengunjung juga bisa belajar bertani dan beternak sapi perah karena sebagian besar penduduk adalah petani dan peternak. Akses masuk ke lokasi wisata juga melewati lahan sayur milik warga.

“Untuk siap bukanya, mungkin menunggu PPKM selesai,” tutur Safii. Rencananya, harga tiket masuk ke tempat wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini akan dibanderol seharga Rp 10.000. Kemudian harga sewa ATV untuk satu putaran lintas hutan adalah Rp 30.000,” paparnya.

Safii juga menjelaskan bahwa pengelolaan Telomoyo Nature Park berbeda dari pos retribusi Telomoyo via Dalangan. (*/kompas)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: