Media Pembelajaran IPA SD Dengan Permainan Asah Otak

BNews–Purworejo– Pandemi covid-19 tidak menghalangi semangat peserta didik dalam belajar. Apalagi belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan juga permainan yang seru dan dapat mengasah otak.

Seperti contoh membuat permainan yang menarik yaitu permainan teka teki silang dari bahan kertas. Selain teka-teki silang juga bisa menggunakan permainan menyusun puzzle dimana gambar puzzle dibuat sendiri yaitu dengan menggunakan kertas sisa atau pun kertas utuh.

Bisa juga menggunakan media gambar, bagaimana caranya ? Yaitu dengan gambar hewan ataupun tumbuhan serta disesuaikan pada materi anak SD.

Media gambar adalah suatu media visual yang hanya bisa dilihat saja dan tidak terdapat audio ataupun suara.

Fungsi media gambar adalah dalam kegiatan belajar mengajar sebagai alat bantu yang bisa memberikan pengalaman visual pada anak. Gunanya yaitu dapat mendorong motivasi belajar dan mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak menjadi lebih sederhana, konkret mudah dipahami

Karena dengan media pembelajaran seperti gambar, siswa mengerti apa yang dimaksudkan guru walaupun belum melihat bentuk objek secara langsung. Dan juga siswa bisa membayangkan terlebih dahulu sebelum melihat aslinya.

Tujuannya adalah diharapkan setelah menggunakan media pembelajaran gambar ini siswa menjadi lebih paham apa yang kita sampaikan; dan juga bisa membantu dalam menyajikan kejadian yang kronologisnya dengan menghadirkan orang, benda, dan juga latar.

Karena setiap anak tingkat pemahaman terhadap materi yang disampaikan jelas berbeda anak satu dengan yang lainnya. Maka dari itu menggunakan media pembelajaran dengan gambar dan permainan yang seru sesuai dengan kesukaan anak-anak yaitu bermain diharapkan bisa mencerna materi yang diberikan dengan baik.

Kesimpulan dari menggunakan media pembelajaran dengan gambar adalah anak-anak lebih cepat memahami materi yang disampaikan; walaupun mereka belum melihat secara langsung. Dan juga adanya pembelajaran tetapi dengan Permainan pastinya mereka juga lebih semangat lagi dalam belajar. (*)

Penulis:

  • Nama : Nur Laela
  • (Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo)
  • Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: