Libur Panjang Paskah, Pantai di Gunungkidul dan Bantul Diserbu Wisatawan

BNews—JOGJAKARTA— Long Weekend atau libur panjang akhir pekan Paskah bakal dimanfaatkan keluarga untuk berlibur, salah satu tujuannya adalah pantai. Diprediksi, kawasan pantai di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul bakal ramai dikunjungi wisatawan.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan, untuk libur Paskah tahun ini sama seperti liburan panjang akhir pekan biasanya. Dijelaskannya seperti libur panjang pada umumnya, kawasan pantai Parangtritis diperkirakan masih menjadi pilihan wisatawan ke Bantul. Disusul pantai di sebelah baratnya.

”Untuk Goa Selarong, biasanya digunakan oleh pesepeda,” kata Markus, Kamis (1/3).

Untuk penjagaan ada pos terpadu di Joglo kembar Parangtritis. Sejumlah personel dari Dinas Pariwisata, Polsek, SAR Satlinmas, hingga Satgas Kapanewon (kecamatan) melakukan patroli mengingatkan kepada pengunjung untuk taat protokol kesehatan.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul juga akan menambah personel untuk mengantisipasi meningkatnya kunjungan ke tempat wisata. Akan diterjunkan 400 personel dari Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, TNI-Polri hingga Dinas Kesehatan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono menjelaskan, penambahan jumlah personel keamanan dan pengawasan wisatawan. Sebabnya, diprediksi akan ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul saat libur Paskah.

”Kita ada tambahan 400 personel untuk pengamanan libur panjang akhir pekan. Sebab, diperkirakan ada peningkatan kunjungan,” jelasnya.

Harry mengungkapkan, sama seperti Bantul, wisatawan ke Gunungkidul sebagian besar akan berkunjung ke kawasan pantai. Destinasi Wisata Gunungkidul Khusus untuk Jumat, (2/4), tetap buka karena bertepatan dengan libur nasional. 

”Target kami adalah  ketaatan pelaksanaan prokes oleh wisatawan, pelaku wisata dan masyarakat di sekitar tempat wisata,” pungkasnya. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: