Membaur Semua Golongan di Apel Kebangsan, Ganjar : Ini Indonesia

0
91

BNews—SEMARANG—Puluhan ribu masyarakat dari Jawa Tengah dan sekitarnya berkumpul menjadi satu dalam Gelaran Apel Kebangsaan Kita Merah Putih, Minggu (17/3). Apel tersebut digelar untuk mempersatukan masyarakat di tengah suhu politik yang memanas jelang pesta demokrasi.

Para peserta sejak pukul 06.00 WIB berkumpul di empat titik pangung. Diantaranya Lapangan Pancasila Simpang Lima, Jalan Pahlawan, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pandanaran. Mereka kompak mengenakan pakaian dan ikat kepala berwarna merah putih.

Sambil mengayuh sepeda, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pagi tadi nampak memantau lokasi-lokasi panggung. Sesekali Ganjar menyapa warga yang melayani dengan berfoto ria.

”Wah ramai sekali, ini dari mana?” Sapa Ganjar, Minggu (17/3). ”Pekalongan, Pak. Brebes, Pak. Pemalang hadir, Pak” jawab para perempuan berikat kepala saling bersahutan.

Ganjar mengaaku sangat senang lantaran dapat melihat gurat wajah bahagia dari masyarakat. Dia menemukan pesan bahagia yang sebenarnya penting di tengah kondisi saat ini.

”Maka sebenarnya, seperti inilah seharusnya wajah Indonesia,” tegasnya.

Di tengah kondisi bangsa uang mulai terpecah karena suhu yang memanas, persatuan, kesatuan, saling menghormati dan menghargai sangat penting. Baik dalam dunia nyata dan dunia maya seperti media sosial.

”Harapannya setelah ini, masyarakat dapat menunjukkan toleransi tinggi yang tulus. Berbeda pilihan dalam Pileg dan Pilpres biasa saja. Jangan sampai bermusuhan, ya, kira-kira gunakanlah kata-kata yang baik,” pesan dia.

Imbuh Ganjar, dirinya kembali berpesan untuk bijak dan bermedia sosial. Jangan sampai tutur kata yang disampaikan malah menyakiti orang lain.

”Hati-hati dengan jarimu. Jarimu sekarang bisa menjadi harimaumu,” tukas dia.

Dari pantauan, warga dari berbagai daerah dan Slanker, mulai berdatangan sejak pukul 01.30 WIB. Rombongan datang dengan mengendarai motor hingga menumpang bus.

”Kami dari Kenjeran, Surabaya berangkat pukul 23.30 WIB. Ada enam mobil,” kata Slanker, Andy Firmansyah yang ditemui di ujung Taman Indonesia Kaya.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan acara, tim kebersihan yang didominasi remaja bersiaga berjalan sambil membawa plastik hitam. Toilet portabel pun sudah disediakan panitia di sejumlah titik strategis.

Sebagaimana diketahui, Apel Kebangsaan Kita Merah Putih digelar untuk mempersatukan masyarakat. Sejumlah tokoh dihadirkan untuk mengisi orasi.

Mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, KH Maimun Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, Prof Mahfud MD dan KH Ahmad Daroji. Kemudian Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) serta Pujianto (Walubi).

Acara tersebut juga dimeriahkan sejumlah artis nasional seperti Slank, Letto, Armada, Virza, Nella Kharisma dengan MC Vincent-Desta dan Cak Lontong. Nella Kharisma bakal meramaikan panggung Pahlawan, Virzha di panggung Jalan Ahmad Yani, Armada di pangung Pandanaran. Sedang panggung utama dimeriahkan Letto, Slank, Vincent, Desta dan Cak Lontong. (lhr/han)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here