Menkes Sebut Vaksin Corona Dapat Izin Edar Paling Cepat Awal 2021

BNews—NASIONAL—Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memaparkan progres terkait penelitian vaksin corona. Saat ini, sedikitnya telah dijalin empat kolaborasi produsen vaksin dalam negeri dengan produsen international.

Menurut Terawan, vaksin tersebut mendapat izin edar paling cepat pada awal 2021. Hal tersebut disampaikan Terawan dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (14/7/2020). 

”Untuk pengembangan vaksin Covid, ada dua strategi yakni melalui kolaborasi dalam negeri dan internasional,” kata dia.

Dia menjelaskan, strategi dalam negeri yakni dengan dibentuk konsorsium Covid-19 atas inisiasi Menristek, lembaga Eijkman dan beberapa universitas. Dengan target uji klinis pada semester dua tahun 2021. 

”Sedangkan untuk kolaborasi internasional pertama PT Biofarma dan Sinovac Tech. estimasi izin edar pada awal 2021,” jelasnya.

Lanjut Terawan, bahwa ada juga kerja sama antara Kalbe Farma dengan Genexine dari Korea Selatan. Vaksin buatan keduanya diperkirakan mendapat izin edar pada Agustus 2021. Kemudian kolaborasi antara PT BCHT Teknologi Indonesia dengan perusahaan China National Biotech Group dengan persetujuan izin edar direncanakan pada awal Mei 2021.

”Ada kolaborasi juga dari Biofarma dengan The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI). Biofarma telah masuk dalam manufaktur yang berpotensi untuk memproduksi vaksin Covid-19,” imbuhnya.

Tambahnya, Kementrian Kesehatan juga memfasilitasi inovasi yang telah dilakukan terkait produk penanganan Covid-19.  Sehingga produk tersedia dan dapat digunakan dalam layanan kesehatan. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: