Menteri Kelautan dan Perikanan Kunjungi Ngrajek, Ini yang Dijanjikan

BNews–MUNGKID– Bantuan mesin pembuat makan ikan modern dijanjikan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo. Hal tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan kerja di Loka Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (PBIAT) Ngrajek, Kecamatan Mungkid (6/1).

“Kami janji tentang permasalahan pakan di sini, akan kami bantu untuk mesin pembuatan pakan ikan modern. Supaya nanti dapat memberi pelajaran kepada masyarakat bagaimana membuat pakan ikan yang benar,” katanya.

Disebutkan juga olehnya (Edhy) akan membantu kelompok-kelompok budidaya pakan ikan mandiri. “Ini langkah pertama untuk mengatasi harga pakan. Yang kedua kita juga akan berkomunikasi dengan pengusaha pembuat pakan, saya yakin mereka paham dengan permasalahannya,” sebutnya.

Ia juga ingin mengetahui mengapa harga pakan bisa begitu mahal. “Saya ingin tahu apa yang membuat harga pakan begitu mahal. Dulu awal tahun di komisi empat anggaran pakan mereka ini 40 persen, sekarang sudah 70 persen ongkos produksi dari pakan saja ya. Ini 5 tahun ada kenaikan 30 persen permasalahannya dimana. Kami mau tau masalahnya ada di distribusi atau masalahnya terlalu banyak perantara, nah ini akan kami cari tahu jalan keluarnya,” paparnya.

Edhy juga mengungkapkan bahwa sisi harga sebenarnya pihaknya sudah mengetahui situasi ekonomi. Jika mengalami kenaikan seharusnya hanya 10 persen.

“Nah ini kita harus lihat sebagian sudah sangat paham dan ingin berbicara. Dua cara ini mudah-mudahan bisa menjawabkan. Katakanlah kalo turun menjadi 50 persen kan sudah untung kira-kira 20 persen,” ungkapnya saat berdialog dengan petani ikan di Ngrajeg.

Pada acara tersebut Edhy Prabowo juga melakukan panen benih. Jenis benih tersebut merupakan komoditas ikan nila merah sebanyak 50 ribu ekor ukuran 3-5 cm dan 4-6 cm yang dibeli oleh UPR setempat (UPR Lestari, UPR Mina Santosa, UPR Ngudi Makmur) dengan harga jual Rp.55 untuk ukuran 3-5 cm dan Rp. 65 untuk ukuran 3-5 cm. (bsn)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: