Menteri Keuangan : Anggaran Tersedot Paling Besar Untuk Gaji Pegawai

BNews-NASIONAL- Anggaran daerah disebut oleh Menteri Keuangan masih didominasi untuk membayar gajj pegawai. Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta supaya dilakukan efisiensi.

“Efisiensi kurang. Porsi belanja pegawai tinggi 36%. Kemudian penggunaan belanja barang dan jasa terutama perjalanan dinas,” ujarnya dalam acara yang digelar di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, beberapa waktu lalu.

Advertisements


Pada kesempatan itu, Sri Mulyani meminta para PNS pemda untuk tidak sering jalan-jalan dengan alasan sosialisasi, yang menyebabkan anggaran perjalanan dinas menjadi bengkak. “Tolong untuk perjalanan dinas untuk sosialisasi satu kali setahun saja. Jangan wira-wiri,” katanya.


Sri Mulyani juga menyampaikan data yang mengejutkan. Alokasi APBD, sebesar 31% habis untuk perjalanan dinas dan jasa kantor. Kemudian 36% APBD habis untuk belanja gaji pegawai.

“Jadi APBD-nya hampir 70% untuk mengurusi orang-orang pemda,” jelasnya.

“Makanya sisa-sisa itu untuk rakyat, itu kan salah. Jadi tolong dilihat betul, kami pun di pusat sudah meminta meneliti betul belanja-belanja kelompok tadi,” tegasnya.

Alokasi belanja daerah APBD juga dianggapnya kurang fokus. “Program dan kegiatan itu bermacam-macam. Padahal Pak Presiden mengatakan fokus saja,” pungkasnya.(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: