Merapi Membengkak 0,5 cm Setiap Hari, Ganjar Pranowo: Tetap Waspada Jangan Sepelekan

BNews–DUKUN– Dalam kunjungannya ke Pos Merapi Babadan Dukun Magelang, Ganjar Pranowo mendapat banyak informasi. Tentunya terkait perkembangan situasi gunung merapi yang beberapa waktu terakhir mengalami peningkatan aktivitas.

Ganjar mendapat informasi kondisi gunung di tengah Pulau Jawa itu masih aman meskipun terjadi pembengkakan rata-rata 0,5 sentimeter (cm) per hari.

Dia tampak seksama melihat beberapa layar monitor yang menggambarkan kondisi gunung dengan ketinggian 2.930 mdpl itu.

Tampak dalam pemantauan seperti aktivitas vulkanik, gas dan lainnya. Petugas Pos Pantau Babadan juga memberikan penjelasan kepada Ganjar terkait kondisi Merapi saat ini.

“Pembengkakan perut merapi terjadi rata-rata 0,5 cm perhari. Kategori itu masih cukup aman. Sejak 22 Juni sampai sekarang, pembengkakan terjadi hanya 14 cm,” kata petugas pos pantau Babadan, Yulianto.

Meski begitu, Pemprov Jateng tetap melakukan antisipasi-antisipasi apabila Merapi meletus.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng sudah menyiapkan dengan baik.

“BPBD sudah siapkan antisipasi-antisipasinya. Di sini, ada juga keluarga kembar yang disiapkan. Jadi kalau terjadi bencana, bisa mengungsi di tempat keluarganya itu. Tapi saya pesankan agar protokol kesehatannya dijaga karena sekarang sedang ada Covid-19,” ungkap Ganjar. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: