Pabrik Kayu Di Kranggan Temanggung Diamuk Jago Merah

BNews–TEMANGGUNG— Sebuah pabrik kayu di Temanggung diamuk jago merah Kamis dini hari kemarin (4/6/2020). Diduga api muncul dari mesin pengering kayu di dalam pabrik.

Pabrik tersebut merupakan PT Albasia Kayu Prima (AKP). Lokasinya di jalan Raya Kranggan – Pringsurat, Temanggung. Tidak ada korban jiwa namun diperkirakan kerugian mancapai ratusan juta rupiah.

Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Perusahaan yang tercatat milik Budi Candra, 51 warga Perumahan Graha Candi Golf, Semarang.

Saat itu, katanya seorang pekerja tenaga pengamanan perusahaan. Ia Guntur, 35 melaksanakan patroli sekitar pabrik dan melihat ada asap disertai api yang berasal dari mesin pengering.

“Api semakin membesar yang kemudian menghubungi pemadam kebakaran serta memberi tahu piket Polsek dan Koramil Kranggan. Petugas pemadam kebakaran, polri, TNI dan relawan berjuang memadamkan api,” katanya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Dia mengatakan api semula membakar ruang pengering c atau ruang Kedi C, yang tengah mengeringkan 100 m3 yang kemudian menjalar dan membakar ruangan yang ada di sekitarnya.

Diantaranya gudang Belkor yang berisi kayu belkor siap ekpor, dan tumpukan kayu – kayu lain yang ada di sekitar pabrik.

Dia menyampaikan tidak ada korban jiwa, kerugian masih dalam pendataan. Namun diperkirakan mencapai ratusan juta.

Kabid Pemadam Kebakaran Gito Walngadi mengatakan pihaknya menerjunkan penuh personel dalam pemadaman dibantu pemadam dari tetangga. ” Kami terus berjuang hingga siang dalam pemadaman. Karena material mudah terbakat dan dalam jum lah banyak,” kata dia. (*/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: