Pasar Rejowinangun Magelang Kini Dilengkapi Tujuh Wastafel

BNews—MAGELANG— Pasar Rejowinangun Magelang menyediakan fasilitas kesehatan baru bagi pengunjung berupa wastafel atau tempat cuci tangan beserta sabun. Diharapkan, dengan penambahan fasilitas kesehatan tersebut dapat meningkatkan kebersihan diri pengunjung selama beraktifitas di dalam pasar.

Pengamatan Borobudur News, wastafel itu terbuat dari wadah jerigen transparan yang dimodifikasi menjadi tandon lengkap dengan pipa. Di dalam tandon sudah berisi air bersih. Di sampingnya ada sabun tangan cair serta ember baskom sebagai wadah bekas air cuci tangan.

”Sementara kami menyiapkan (wastafel) di tujuh titik yang kiranya banyak orang. Seperti didekat gerbang masuk dan pintu keluar pasar, dekat tangga dan ruang promosi lantai dua,” kata Kepala Subbag tata Usaha Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Rejowinangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Wardoyo.

Wardoyo menjelaskan, fasilitas kesehatan itu dipasang sejak Kamis kemarin, (19/3). Tiga hari sebelumnya, Disperindag lebih dulu mengeluarkan surat edaran kepada pedagang kaki lima, pedagang di shelter dan pedagang pasar di Kota Magelang.

”Isi Surat Edaran Nomor 510/511/250/ adalah pertama, menyediakan tempat cuci tangan beserta sabunnya. Kedua, tetap menjaga kebersihan diri, makanan, tempat makan dan lingkungan,” kutip dia dalam SE tersebut.

Ia mengungkapkan, dalam beberapa waktu ke depan ada rencana untuk menambah titik penempatan wastafel. Sesuai kebijakan Pemkot Magelang dalam meningkatkan kebersihan dilingkungan.

”Sambil melihat situasi dan kondisi. Ke depan ada kemungkinan akan ditempatkan permanen untuk seterusnya. Jadi tidak hanya untuk pencegahan Virus Korona saja. Kan, berguna untuk kebersihan dan kesehatan bersama,” ungkapnya.

Loading...
Baca juga: Gubernur Ganjar Akan Polisikan Pembuat Hoaks Virus Korona

Dirinya mengingatkan, untuk melaksanakan imbauan pemerintah daerah untuk menyediakan secara mandiri alat kebersihan seperti wastafel atau hand sanitizer. Sebab, jika hanya pihaknya yang menyediakan dikhawatirkan tidak bisa memenuhi kebutuhan kebersihan untuk pengunjung dan pedagang.

”Jadi kami mohon para pedagang untuk bisa menjalankan instruksi sesuai surat edaran,” pungkas dia.

Terpisah, salah satu sekuriti Pasar Rejowinangun, Nuryadi, menyambut baik dengan adanya beberapa wastafel . Dikarenakan bisa meningkatkan kebersihan dan pencegahan penyakit yang bisa saja menular lewat kontak fisik antarpedagang dan pembeli.

”Tentunya saya senang. Sehingga kami yang berkegiatan di pasar bisa menjaga kesehatan,” singkat Nuryadi. (cr1/han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: