Pemilu Run, Cara KPU Magelang Ajak Masyarakat Tolak Golput

BNews–MERTOYUDAN–Gelaran even Pemilu Run yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Minggu (7/4) berlangsung meriah. Sebanyak 800 peserta antusias mengikuti kegiatan bertajuk ‘Pemilih Berdaulat Negara Kuat’.

Pemilu Run yang dimulai pukul 07.30 WIB itu dilepas Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffuddin. Kegiatan tersebut juga dihadiri Pj Sekda Kabupaten Magelang , Adi Waryanto beserta Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho.

Acara yang dilaksanakan serentak diseluruh kota di Indonesia itu bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih berperan aktif menyambut pesta demokrasi yang tinggal sepuluh hari lagi. Utamanya mengajak masyarakat untuk menentukan pilihan alias tidak golput. Menurut Afiffuddin, saat ini pihaknya semakin bekeja keras demi target sukses Pemilu 2019.

Pemilu Run sendiri diistilahkan, KPU dan seluruh masyarakat sudah tidak bisa bersantai lagi dan harus berlari. “Golput itu tidak keren. Maka dari itu, kami harus lari untuk menyambut pemilu 17 April mendatang utamanya menyasar pemilih pemula,” ujar Afif saat ditemui pagi tadi.

“Target kami hanya untuk 500 peserta yang sudah memiliki hak pilih. Tetapi berkat antusias masyarakat sekitar, kegiatan ini bisa  mencapai 800 peserta,” imbuhnya. Disela kegiatan, Afif memaparkan progres KPU menjelang pemilu sudah sampai tahap persiapan pendistribusian surat suara ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kabupaten Magelang.

“Distribusi surat suara akan kami mulai pada 10 sampai 15 April nanti,” terangnya. Selain kegiatan lari bersama, para peserta yang menyentuh garis finish langsung disambut hiburan dangdut. Selain itu juga tersedia puluhan doorprize menarik seperti sepeda, blender, magic com, kulkas, mesin cuci, hingga televisi yang akan diundi pada akhir acara. Pj Sekda Adi Waryanto menuturkan, Pemilu Run merupakan kegiatan yang sangat positif.

Sebab, sosialisasi memasyarakatkan pemilu tersebut dikemas dalam kegiatan olahraga lari bersama. “Sosialisasi seperti ini sangat menyenangkan. Dan untuk perbedaan pilihan, saya percaya bahwa masyarakat Magelang sudah dewasa sehingga potensi konflik horisontal tidak sampai terjadi,” ungkapnya.

Salah satu peserta Pemilu Run, Dewi Puspasari mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dewi berharap, pesta demokrasi tahun ini sukses. “Termasuk angka golput semakin berkurang dan pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar serta aman,” harap warga Desa Paremono, Kecamatan Mungkin, Kabupaten Magelang. (magang1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: