Pemkab Jamin Kemananan Penambangan Manual

0
145

BNews–MUNGKID-– Pemerintah Kabupaten Magelang memberi jaminan keamanan kepada para penmabang manual di wilayahnya untuk melakuakan aktivitas. Sembari menunggu proses pengajuan ijin selesai.
Asisten 1 Eko Triyono menjelaskan bahwa Bupati sempat berpesan untuk mencarikan solusi penambangan manual. Sambil mengurus ijin, pihaknya menjamin keberlangsungan penambangan untuk tetap beraktivitas.
Eko menjelaskan 2007 silam pernah mengeluarkan ijin tambang manual di kali bebeng seluas 10 hektar sampai batas cawang.  Namun, tidak ada setahun material sudah habis karena tingginya kebutuhan pasir. “Targetnya dulu perhari 300 truk tapi praktenya mencapai 600 truk/hari,” katanya.
Menurutnya, soal regulasi ijin penambangan, saat ini perijinan ada di tangan pemerintah provinsi jateng. Wewenang Bupati hanya memegang rekomendasi ijin lingkungan.
Pihaknya, kata dia juga berencana membantu proses penertiban kegiatan penambangan ilegal. “Kami sudah menghubungi BBWSO untuk meminta menghentikan penambangan menggunakan alat berat di lahan tambang manual di bebeng, karena dulunya ijinya normalisasi namun kenapa keluarya ijin usaha tambang,” ungkap Eko Triyono.
“Saat proses pengurusan ijin penambangan alat berat juga ada kesepakatan tidak mengusik penambang manual, Maka dari itu persoalan ini harus dikaji secara langsung oleh gubernur sebagai bahan tinjauan ulang dilapangan,” tambahNya.
Koordinator aksi, Nida Nur Afandi menjelaskan kami siap akan mengurus berkas berkas perijinan ke provinsi melalui bupati dan kami akan tetap menambang di daerah cawang kali bebeng dengan jaminan Pemda. “Kami akan tetap menambang di daerah cawang kali bebeng,termasuk di tebing dengan jaminan keamanan dari Pemda,” katanya kepada awak media. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here