Pendidikan Karakter Yang Penting Bagi Penerus Bangsa

OPINI– Pendidikan adalah salah satu pondasi untuk melahirkan penerus bangsa yang berkualitas . Karena negara  memerlukan penerus bangsa yang berkompeten yaitu orang yang berpendidikan agar negara tersebut menjadi negara yang maju .

Bukan hanya itu dengan adanya pendidikan tinggi seseorang bisa mendapatkan pekerjaan yang baik hingga mendapatkan penghasilan yang maksimal. Namun selain pendidikan dalam bidang akademis pendidikan karakter juga tak kalah penting.

Sebab saat ini bukan hanya gelar apa yang diperoleh yang dipandang seseorang maupun sebuah perusahaan melainkan juga dilihat dari aspek karakter maupun kepribadian . Suatu negara tidak hanya memerlukan penerus yang hanya pintar namun juga dengan karakter atau kepribadian yang baik .

Bukankah sia sia jika memiliki nilai bagus dalam akademis namun kurang dalam attitudes atau sopan santun ?

Sayangnya , masih banyak orang orang yang menyepelekan tentang pentingnya pendidikan karakter ini . Mulai dari kurangnya kesararan individu, bahkan hingga guru guru yang hanya mengajarkah dengan asal asalan atau tidak mementingkanya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Tanpa memberikan bagaimana pentingnya ber etika yang baik dalam kehidupan sehari hari yang perlu ditanamkan . Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan pendidikan karakter yang benar .

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Bukan hanga sebatas teori kemudian diadakanya tes mengenai pendidikan karakter namun juga dijalankan. Mulai dari membimbing agar menaati peraturan yang ada di sekolah,, adanya kantin kejujuran , dan masi banyak hal lain lagi yang bisa dilakukan .

Sebenarnya bukan hanya sekolah yang berperan penting dalam tumbuh kembangnya karakter anak . Mukai dari keluarga , keluarga adalah faktor penting dari tumbuhnya karakter anak.

Karena disanalah dasar , apa yang biasa dilakukan orang tua atau kakak dengan mudah dicontoh atau dilakukan ulang oleh anak . Maka tak heran jika orang tua sering disebut sebagai panutan .

Pengalaman anak anak ketika masi kanak kanak merupakan hal penting terciptanya karaktee anak. Maka peran keluarga sangat penting bagaimana perilaku anak ketika terjun ke lingkungan lebih besar.

Kemudian lingkungan , lingkungan juga sangat berpengaruh dalam tumbuhnya karakter anak. Ya sama seperti keluarga , apa yang biasa orang orang di lingkungan lakukan bisa saja akan dilakukan serupa oleh anak. Sehingga jangan sampai pengaruh lingkungan buruk mempengaruhi karakter yang baik .

Dalam tumbuhnya pendidikan karakter ada beberapa tahap. Yaitu adanya pengetahuan (knowing) , pelaksanaan ( acting) dan kebiasaan (habits) .

Bukan hanya sekadar pengetahuan, orang yang memiliki pengetahuan tentang sopan santun belom tentu orang tersebut memiliki sopan santun yang baik . Jadi semua tahap ini harus selaras .

Ketika anak sudah memiliki pengetahuan kemudian dia harus melakukanya kemudian dia jadikan kebiasaan . Bahkan mengenai pendidikan karakter ini ada Undang Undang  yang sudah mengatuR menganai hal ini .

Walaupun secara tidak langsung dikatakan namun makna yang ada didalam Undang Undang tersebut jelas bahwa pendidikan karakter juga merupakan tujuan dari sebuah pendidikan. Yaitu bukan hanya melahirkan anak bangsa yang cerdas  namun juga anak bangsa yang berkarakter baik.

Purpose :

Saya memilih tema ini karena saya ingin lebih mengetahui tentang seberapa pentingnya pendidikan karakter bagi penerus bangsa. Sedangkan disini pendidikan karakter kurang di sadari betaoa pentingnya bahkan tidak digubris . Dan agar pembaca bisa mengetahui apasih pendidikan karakter itu dan seberapa penting hal itu .

Question :

Jelaskan Undang Undang apa yang isinya tentang pendidikan karakter

Konsep :

Pendidikan adalah salah satu pondasi untuk melahirkan penerus bangsa yang berkualitas. Karena negara memerlukan penerus bangsa yang berkompeten yaitu orang yang berpendidikan agar negara tersebut menjadi negara yang maju .

Bukan hanya itu dengan adanya pendidikan tinggi seseorang bisa mendapatkan pekerjaan yang baik hingga mendapatkan penghasilan yang maksimal. Namun masi banyak sekali orang orang yang masi menganggap enteng seberapa penting juga pendidikan karakter.

Sedangkan dalam pendidikan karakter ini bukan hanya melibatkan individu masing masing. Namun juga membutuhkan sosok dari keluarga, lingkungan maupun sekolah untuk terciptanya pendidikan karakter yang baik.

Lantas bagaimana pendidikan karakter dapat tercipta sedangkan masi banyak orang yang menganggap remeh hal ini . Bahkan dalam terciptanya pendidikan karakter ini pengalaman anak anak waktu kecil yang sering dianggap sepele merupakan faktor penting juga mengenai terciptanya karakter yang baik.

Bukan sekadar pengetahuan , melainkan juga sebuah tindakan , kemudian dijadikan sebuah kebiasaan. Terlalu mementingkan pendidikan akademis mungkin sampai lupa bahwa suatu tujuan pendidikan bukan hanya melahirkan anak yang pandai dan cerdas tapi karakter yang baik .

Informasi :

Undang undang yang mengatakan bahwa pendidikan karakter itu juga diperlukan karena merupakan tujuan suatu pendidikan. Itu adalah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3.

Yang menjelaskan bahwa Pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; dan tujuan pendidikan nasional untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dan Pasal 1 UU Sisdiknas tahun 2003 menyatakan di antara tujuan pendidikan nasional. Itu adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian, dan akhlak mulia. Disitu sangat jelas bahwa pendidikan bukan hanya melahirkan anak bangsa yang hanya cerdas maupun pintar tetapi juga memiliki karakter individu yang baik.

Kesimpulan :

Kita harus mengimbangkan  pendidikan akademis maupun karakter, karena negara tidak hanya memerlukan penerus bangsa yang cerdas melainkan karakter yang baik . Untuk terciptanya hal tersebut maka berbagai pengaruh kuat seperti keluarga, sekolah, dan lingkungan harus menjadi pondasi yang baik untuk anak anak . Jadi kekuarga yang menjadi dasar harus melatih atau mengajarkan anak anak sejak dini .

Implikasi :

Dengan menguatkan pendidikan karakter sejak dini , diharapkan anak dapat menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. (adv)

Penulis : Aji Catur Prasetyo (212019101)

Jurusan: Manajemen

Kampus: Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: