5 Tips Agar Tak Memikirkan Masalah Berlebihan

BNews—TIPS— Semua orang memiliki masalah, tetapi berbeda-beda dalam mengatasinya. Ada yang langsung mencari jalan keluar bahkan ada yang berlarut-larut memikirkannya.

Tentu saja, banyak masalah akan membuat beban pikiran menjadi berat dan kita jadi sulit berkonsentrasi. Nah, berikut ini ada beberapa cara agar kita tidak terlalu memikirkan masalah agar pikiran jadi lebih ringan dan jernih.

Mengalihkan perhatian

Cara terbaik agar kita tidak terlalu memikirkan masalah ialah dengan mengalihkan pikiran kita ke hal lainnya. Kamu bisa melakukannya dengan beralih ke kegiatan yang menyenangkan.

Misalnya berolahraga, mendengarkan alat musik, menulis atau terhubung dengan orang lain. Pikiran dan tubuh kita terhubung, jadi saat kamu mengerjakan hal yang menyenangkan, maka pikiran juga akan lebih santai.

Berbicara dengan orang lain

Terkadang, saat banyak masalah, beban pikiran di kepala perlu dilepaskan. Memendam masalah terlalu lama juga bisa menyebabkan stres hingga masalah kesehatan.

Jadi, kamu perlu bicara dengan orang laun yang bisa kamu percaya untuk berbagi tentang masalahmu. Setidaknya itu dapat membuat pikiranmu jadi lebih ringan setelah menceritakannya.

Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, agar tubuh merasa nyaman, tenang juga sehat. Kamu bisa melakukan meditasi dengan duduk tenang, memejamkan mata sambil menarik napas secara perlahan.

Melakukannya meditasi secara teratur selama 10-20 menit akan dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mentalmu.

Mengendalilan pikiran

Terkadang kita merasa jadi terlalu banyak masalah bukan karena masalah itu, melainkan karena pikiran kita sendiri. Kita sering merumitkan segala sesuatu sehingga masalah yang kecil terlihat jadi sangat besar.

Ini yang membuat kita jadi sulit menemukan solusi. Jadi, coba pikirkan ulang apa yang menjadi masalahnya dan kendalikan pikiranmu agar kamu bisa berpikir lebih jernih.

Menuliskan masalahmu

Menuliskan masalah sama seperti kita berbicara dengan orang lain secara langsung. Mungkin saja kamu merasa untuk berbagi dengan orang lain, jadi menuliskannya adalah cara yang paling baik.

Jika ada yang mengganggu pikiranmu, cobalah untuk menulis apa yang kamu rasakan di dalam sebuah buku. Ini akan sangat membantu meringankan beban yang kamu rasakan.

Berusaha untuk tidak terlalu memikirkan masalah bukan bertujuan untuk lari dari masalah. Tetapi, untuk membantu agar pikiran kita agar tetap jernih dan tenang agar kita segera menemukan solusi untuk permasalahan kita. (*)

Sumber: Fimela

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: