Pengawasan Dana Desa Makin Ketat Pemkab Pakai APIP dan TP4D

BNews–MUNGKID– Pengawasan dan pengendalian penggunaan dana desa di Kabupaten Magelang bakal semakin ketat. Pemkab Magelang akan melakukan pengawasan ketat juga memberikan pendampingan.

“Kita akan terus berupaya melakukan pendampingan melalui bimbingan teknis Siskeudes (sistem keuangan desa) dan aplikasi OMSPAN (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara) yang bekerjasama dengan BPKP (Badan Pengawasanan Keuangan dan Pembangunan) dan KPPN (Kantor Pelayanan Pajak Negara),” kata  Bupati Zaenal Arifin SIP, menjawab pandangan umum fraksi-fraksi dalam rapat paripurna DPRD, kemarin.

Untuk mengantisipasi timbulnya penyimpangan bantuan keuangan desa, ditempuh dengan mengoptimalkan pengawasan oleh APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) dan pendampingan oleh TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah) dari Kejaksaan Negeri.

“Supaya terbuka pihak pemerintah desa juga diminta menyebarluaskan informasi ringkasan APBDes di beberapa tempat strategis di desa sebagai bentuk transparansi anggaran,” kata dia.

Bupati juga menjelaskan upaya Pemkab dalam melindungi kades beserta perangkatnya. Meningkatkan koordinasi antar Forkopimda dan Forkopimcam. Koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendampingi dalam hal pembinaan, pemantapan dan sosialisasi regulasi terkait pengelolaan Dana Desa.

DPD PKS Magelang Ramadhan

“Penguatan dan pengawasan implementasi Dana Desa dan mengikutsertakan dalam pelaksanaan Bintek Siskeudes sehingga kepolisian memahami tata cara perencanaan, pelaksanaan sampai pelaporan Dana Desa,” katanya, dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD, Saryan Adiyanto. (bn1/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: