Potong Rantai Penularan Corona, Candi Borobudur Disemprot Cairan Khusus

BNews—BOROBUDUR— Candi Borobudur di Kabupaten Magelang resmi ditutup untuk wisatawan hingga 29 Maret mendatang. Dalam rentang waktu tersebut, Balai Konservasi Borobudur (BKB) melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh permukaan candi Buddha terbesar di dunia tersebut.

Bagian yang disemprot cairan disinfektan meliputi seluruh bagian stupa, dinding relief, dan komponen-komponen candi. Cairan khusus tersebut diketahui mengandung antivirus dan bakteri yang aman bagi manusia dan batu candi.

”Karena kemarin (Minggu) Candi Borobudur masih dibuka untuk umum, kami tidak mengetahui apakah mereka membawa Virus Korona atau tidak. Maka kita lakukan penyemprotan pada bagian-bagian yang sering dipegang seperti stupa dan handrail tangga,” kata Kasi Konservasi BKB, Yudi Suhartono disela penyemprotan.

Terang Yudi, disinfektan dipesan dari Jogjakata. Meski bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), PT Taman Wisata Candi (TWC) menyumbang sebanyak 50 liter.

Selama penyemprotan, petugas dibekali dengan pakaian pelindung yang menutupi seluruh tubuh. Kemudian masker, sarung tangan dan kaca mata. Cairan disinfektan yang disemprotkan memiliki komposisi seperti alkohol, H2-O2, Gliserol dan Aquades.

”Ada penambahan H2-O2 yang sifatnya untuk menyempurkan agar disinfektan ini tidak mudah menguap karena pengendapan cukup lama dan untuk mematikan virus. Selain itu cairan ini dipastikan aman bagi manusia dan tidak merusak batuan candi,” terangnya.

Bukan hanya penyemprotan, petugas juga melakukan pembersihan batuan candi dari lumut, ganggang hingga jamur yang menempel. Termasuk membersihkan sisa dan noda permen karet yang menempel di lantai candi.

Loading...

Imbuh dia, selain Candi Borobudur, kunjungan sunrise , sunset dan paket Manohara Borobudur juga ikut ditutup untuk sementara. Maka dari itu, petugas akan memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan penyemprotan secara berkala hingga batas waktu yang belum ditentukan.

”Tergantung dengan keadaan. Sebelum dibuka kemungkinan akan kita semprot lagi,” pungkasnya. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: