Ganjar : Sekolah di Jateng Tak Buru-buru Dibuka

BNews—JATENG— Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo tegaskan terkait ijin kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah di wilayahnya. Ia tidak ingin buru-buru membuka sekolah di tengah pandemi Covid-19.

Namun, sebelum benar-benar dibuka lagi, ia akan melakukan uji coba dulu dan melakukan evaluasi. “Belum akan kami buka. Kami masih menunggu dari kementerian, sambil terus melakukan persiapan dan latihan,” ungkap Ganjar, kemarin (4/6/2020).

Ganjar mengakui sudah berkunjung ke beberapa sekolah di wilayah Jateng guna melihat persiapan KBM sebelum dibuka. Hal tersebut juga dilakukan untuk menyiapkan skenario penerapan new normal di institusi pendidikan.

“Skenarionya seperti menata ruang di sekolah, mengatur jam masuk dan pembatasan kapasitas. Saya sudah ngobrol ke beberapa guru dan intinya mereka menyiapkan itu semua,” imbuhnya.

“Kalaupun sudah dibuka, tidak langsung tumplek brek, harus diuji coba. Umpama tidak semua masuk, mungkin kelasnya sehari dibagi dua, masuk pagi dan siang sambil melihat hasilnya,” tambahnya.

Ganjar menegaskan bahwa penerapan new normal di Jateng belum akan diterapkan dalam waktu dekat ini. Penerapan new normal akan dilakukan  jika tren persebaran Covid-19 terus menunjukkan grafik yang menurun secara drastis.

Meski begitu, Jateng akan terus berlatih untuk mempersiapkannya. Mulai dari tempat ibadah, perkantoran, tempat industri dan ekonomi, serta sekolah dan berbagai hal lainnya.

“Prinsipnya Jateng latihan terus. Kalau semua siap kita tinggal go,” pungkasnya. (lhr/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: