IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Penjelasan Sarjito Soal Video Pasien Suspect Corona

BNews–JOGJA– Heboh sebuah video yang memperlihatkan petugas dengan pakaian pelindung tengah menangani seorang pasien diduga suspect virus corona di Jogja tersebar. Hal itu ramai tersebar di aplikasi berbagi pesan Whatsapp.

Tampak dalam video berdurasi 30 detik itu, tiga orang memakai pakaian pelindung berwarna putih lengkap dengan masker dan kaca mata itu memindahkan seorang pasien ke atas tandu. Informasi yang beredar menyebutkan bahwa pengambilan gambar dilakukan di salah satu rumah sakit di Yogyakarta. Selanjutnya, disebutkan pula bahwa pasien tersebut kemudian dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito.

Kabag Hukum dan Humas RS. Sardjito Banu Hermawan  membenarkan hal tersebut. Pihaknya mengatakan bahwa memang benar Rumah sakit Sardjito menerima pasien rujukan dari RSUD Kota Yogyakarta.

Pasien tersebut merupakan perempuan berinisial R dengan usia 73 tahun. “Kami memperoleh informasi pasien habis kunjungan umrah dan mengalami batuk-batuk, sehingga karena kondisi tersebut akhirnya dirujuk ke RSUP Dr Sardjito,” ujar Banu, Senin (2/3/2020).

Meski demikian, Banu menyampaikan pemeriksaan awal pasien tersebut tidak menunjukkan adanya tanda-tanda penyakit Covid-19. Meskipun demikian pihak rumah sakit tetap menangani pasien itu sesuai standar penanganan terhadap pasien Covid-19 seperti standar prosedur operasional WHO.

“Kita masukkan ruang isolasi. Semoga pasien ini juga negative Covid,” ujarnya.

Rumah Sakit Sardjito sendiri merupakan salah satu rumah sakit yang masuk dalam daftar 100 rumah sakit yang menjadi rujukan untuk penanganan virus corona di Indonesia. Untuk wilayah DI Yogyakarta sendiri, selain Sardjito, juga ada RSU Panembahan Senopati, Bantul yang digunakan sebagai rujukan. (*/wan)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: