Alami Stres Tak Tertolong? Coba Deh Atasi dengan Cara Ini

BNews—MAGELANG— Umumnya, stresmerujuk pada respon tubuh terhadap sesuatu yang dapat menimbulkan kecemasan atau ketakutan. Stres bahkan membuat seseorang terdorong untuk makan dalam jumlah banyak, utamanya di jenis makanan berlemak dan manis.

Beberapajenis makanan dapat membantu tubuh memproduksi hormon serotonin yang dapat menenangkan kinerja otak. Kemudian mengurangi hormon stress dan membantu meringankan efek stress seperti memperkuat sistem imun dan menurunkan tekanan darah.

Berikut pola konsumsi yang dapat membantu meringankan efek dari stress:

Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Mengonsumsi karbohidrat kompleks akan lebih bertahan lama dan membantu tubuh memproduksi serotonin lebih banyak. Karbohidrat kompleks akan membantu dalam menjaga berat badan dan kadar gula darah. Anda bisa mendapatkannya dengan menonsumsi gula, nasi dan roti putih.

Mengonsumsi vitamin C

Buah jeruk, kiwi, nanas, strawberry, berbagai buah berry dan pepaya serta sayuran seperti brokoli dan paprika mengandung jumlah vitamin C yang relatif tinggi. Vitamin C berperan dalam mengurangi kadar hormon stres dan juga memperkuat sistem imun tubuh.

Mengonsumsi daging sapi merah

Daging sapi merah cenderung rendah lemak maka hal ini baik untuk dikonsumsi saat sedang stress. Hal ini karena kandungan nutrisinya seperti omega 3, vitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko mengalami depresi.

Mengonsumsi antioksidan

Cokelat hitam dan teh mengandung antioksidan. Ya, senyawa polifenol dan flavonol merupakan salah satu zat yang dapat menenangkan pikiran dan menurunkan tekanan darah karena terdapat senyawa

Mengonsumsi makanan dengan kandungan potassium

Anda bisa makan alpukat dan pisang untuk memperoleh manfaat potassium. Mengonsumi potassium dapat meningkatkan tekanan darah terutama pada seseorang yang mengalami stress karena rentan mengalami hipertensi.

Tingkatkan kadar magnesium

Bayam, kacang kedela, serta ikan salmon mengandung magnesium yang diperlukan saat Anda stress. Magnesium berguna meringankan efek stress seperti kelelahan dan sakit kepala.

Konsumsi omega 3

Omega 3 dapat mencegah peningkatan hormon stress dan menjaga kesehatan jantung serta mencegah terjadinya depresi. Asam lemak tersebut bisa Ada peroleh dari berbagai bahan dasar ikan laut.

Konsumsi kacang-kacangan

Makan kacang-kacangan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menyehatkan pembuluh darah. Serta meminimalisir efek stress terhadap sistem kardiovaskuler. Meski demikian, mengonsumsi kacang perlu dibatasi karena kalorinya yang tinggi.

Perlu dicatat bahwa mengonsumsi lemak dan gula dapat menurunkan kinerja otak saat sedang stres sehingga dapat menyebabkan kesulitan untuk berpikir jernih. Sementara mengonsumsi kafein seperti pada teh yang berlebih saat stress akan membuat otak sulit beristirahat hingga kesulitan untuk tidur. (hil/ifa)

Sumber: Genpi

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: