Perbaikan Jalan Bandongan-Kaliangkrik Sampai Tahap Pemasangan U Ditch

BNews–MAGELANG– Proses pembangunan peningkatan akses jalan Bandongan – Kaliangkrik saat ini masih berlangsung. Dan hingga saat ini dalam tahap pemasangan yudit (U Ditch) saluran drainase disepanjang jalan penghubung dua kecamatan tersebut (1/7/2021).

Camat Bandongan, Gumang Umar Singgih, mengatakan, saat ini masih dalam proses pemasangan yudit saluran drainase. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi luapan air, khususnya pada saat hujan tumpah ke jalan.

“Agar jalan aspal lebih awet maka saluran drainase harus maksimal, dan setelah itu akan dilanjutkan dengan pengaspalan,” ucap Gumang, Kamis (1/7/2021).

Dalam pelaksanaan pengerjaan, agar tidak mengganggu lalulintas, maka menggunakan prinsip lalulintas dengan menghindari jam sibuk.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kapolsek Bandongan, terkait jam sibuk lalulintas. Sehingga pengerjaan dilakukan diluar jam tersebut,” imbuhnya.

Gumang, menambahkan, proyek tersebut melibatkan semua sisi perencanaan, mulai dari button up, masyarakat dan politis.

“Masyarakat menanggapi positif pembangunan ini, agar jalan lebih maksimal. Disamping itu juga dikawal dari pemerintah dan DPR,” papar Gumang.

Sementara, Anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Magelang, Edi Gunawan, mengatakan, peningkatan jalan tersebut akan berlangsung selama 240 hari.

Sementara sumber dana berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus) dengan nilai pagu Rp28.500.000.000 dan nilai kontrak Rp26.770.916.000. Anggaran tersebut dengan target pelebaran ruas jalan dari 4 meter menjadi 7 meter sepanjang 6,4 km.

“Pekerjaan mulai 1 Maret sampai 26 Oktober 2021 dengan mendapat bantuan DAK pusat yang cukup besar kurang lebih Rp 28,5 miliar.

Pelaksanaan pengaspalan rencana baru akan dimulai bulan Juli ini sepanjang 1 km, titik nol jembatan Plikon sampai trafict light Trasan,” papar Edi.(cha).

DRAINASE. Peningkatan akses jalan Bandongan – Kaliangkrik dalam tahap pemasangan yudit (U Ditch) saluran drainase disepanjang jalan tersebut. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: