Pertimbangkan Kondisi Terkini Gunung Merapi, Pemkab Magelang Perpanjang Status Tanggap Darurat

BNews—MUNGKID—Status tanggap darurat bencana Gunung Merapi di Kabupaten Magelang diperpanjang 14 hari. Perpanjangan mulai tanggal 1 hingga 14 Desember 2020 mendatang.

Hal tersebut ditetapkan dalam Surat Keputusan Bupati Magelang Nomor : 180.182/401/KEP/46/2020. Tentang Pepanjangan Status Tanggap Darurat Bencana Gunung Merapi. Keputusan itu ditetapkan di Kota Mungkid pada 1 Desember 2020, dengan ttd Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Dalam surat itu, perpanjangan dilakukan karena berdasarkan laporan aktivitas Gunung Merapi dari BPPTKG periode 28 November 2020 pukul 00.00-24.00 WIB. Tingkat aktivitas Gunung Merapi masih siaga (level III) dengan rekomendasi prakiraan daerah bahaya meliputi beberapa desa di Kecamatan Dukun.

Dalam rangka penanganan dampak yang ditimbulkan sebagai akibat dari peningkatan aktivitas status Gunung Merapi, perlu melakukan perpanjangan status tanggap darurat Bencana Gunung Merapi.

”Status diperpanjang karena status Merapi belum turun.  Masih dilevel siaga dan aktivitas Merapi masih tinggi meskipun percepatannya rendah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto.

Usai penetapan perpanjangan status tanggap darurat Bencana Gunung Merapi, pemerintah daerah dan masyarakat agar segera mengambil langkah-langkah tanggap darurat sesuai ketentuan perundang-undangan.

Kemudian untuk segala biaya yang timbul dari penetapan tersebut, diambil dari APBD Kabupaten Magelang, APBD Provinsi Jateng, APBN dan sumber dana lain yang sah dan tidak mengikat.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang telah menetapkan status tanggap darurat Bencana Gunung Merapi. Yang ditandai dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Bupati Magelang Nomor 180.182/364/KEP/46/2020. Hal itu dilakukan usai BPPTKG menaikkan status Merapi dari waspada menjadi siaga, sejak Kamis (5/11/2020) pukul 12.00 WIB.

Status tanggap darurat itu berlaku sejak 6 hingga 30 November 2020 lalu. Kemudian pemerintah daerah dan masyarakat agar segera mengambil langkah-langkah tanggap darurat sesuai ketentuan perundang-undangan. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: