Pilwalkot Magelang 2020 Akan Gunakan Alat Coblos Sekali Pakai

BNews–KOTA MAGELANG– Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang akan dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang. KPU Kota Magelang akan terapkan protokol kesehatan saat pemungutan suara.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron mengatakan penerapan protokoler kesehatan saat pemungutan suara sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan penyebaran covid-19.

“Nanti akan kami terapkan di semua lini, mulai dari tingkat KPPS, PPDP, PPS, PPK sampai KPU,” katanya.

Dia menyampaikan juga bahwa nanti di masing-masing tempat pemungutan suara ( TPS) akan dilengkapi dengan alat pelindung diri.

“Nanti para petugas di TPS akan kita siapkan seperti masker, face shield, sarung tangan, sabun cuci tangan, tong air, hand sanitizer, alat pengukur suhu badan dan alat semprot disinfektan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, dalam upaya pencegahan penularan Covid -19 melalui tangan, pihaknya juga akan menggunakan alat bantu coblos sekali pakai. “Kalau pada pemilihan umum sebelumnya, alat coblos menggunakan paku, pada Pilwakot Magelang tahun ini, berbeda. Kami mengupayakan untuk menggunakan alat coblos yang sekali pakai,” ungkapnya.

Perbedaan lainnya dalam penyelenggaraan pilwakot Magelang mendatang, yakni semua yang terlibat dalam penyelenggaraaan pilwakot tersebut. Yakni mulai dari tingkat KPU, PPK, PPK hingga KPPS harus menjalani rapid tes.

Loading...

Menurutnya, meskipun pada pilwakot mendatang banyak penambahan barang-barang untuk proses penyelenggaraan pilwakot, namun pihaknya tidak akan meminta tambahan anggaran. Karena, pengadaan peralatan tersebut dapat menggunakan anggaran dari beberapa tahapan yang dikurangi kegiatannya.

“Namun, untuk pelaksanaan rapid bagi para petugas penyelenggara pilwakot tersebut nantinya pihaknya akan membebankan biaya rapid tersebut ke Pemkot Magelang,” pungkasnya. (*/Dek)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: