Pinjam Truk Lalu Digadaikan, Pria Ini Ditangkap Polres Magelang

BNews—MUNGKID—Polres Magelang berhasil ungkap kasus penggelapan satu unit truk milik warga Sawangan. Satu tersangka atas nama Kuswato, 44 Warga Desa Getasrejo Kecamatan Getasrejo Kabupaten Grobogan diamankan aparat di depan POM Bensin Grobogan setelah dijebak petugas.

Waka Polres Magelang, Kompol Eko Mardiaynto saat jumpa pers kemarin (8/3) mengungkapkan bahwa modus pelaku ini adalah meminjam truk untuk usaha muatan material sebuah proyek. “Kejadian ini bermula pelaku meminjam truk milik korban Novianto Galih Hartantyo, 31 warga Butuh Sawangan untuk usaha dengan perjanian setoran tiap bulan sekitar Rp.5 juta pada bulan Mei 2018,” katanya.

Advertisements


Proses kesepakatan tersebut sempat berjalan lancar sekitar lima bulan berikutnya. “Setelah itu waktu truk harus dikembalikan, ternyata truk tersebut sudah tidak ada dengan pelaku memberikan alasan truk sedang masuk bengkel dan Januari 2019 berjanji ingin dikembalikan,” imbuhnya.


Namun hingga Januari 2019 truk tidak juga kembali, si Korban ini curiga dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sawangan Polres Magelang. “Berdasarkan laporan tersebut dan penyelidikan petugas, pelaku berhasil diamankan di Grobokan dan truk korban ternyata di gadaikan untuk jaminan hutang pelaku,” paparnya.

Proses penangkapan pelaku ini, petugas berkerja sama dengan jajaran Finance untuk menjebak pelaku pada 18 Februari 2019 lalu. “Ternyata truk ini masih dalam status kredit, pelaku sengaja menyembunyikan truk atau menyaminkan ke pihak lain dengan modus agar pihak finance menebus truk tersebut dan pelaku mendapat keuntungan dari itu,” tandasnya.

Sementara dari pengakuan pelaku Kuwato, disampaikan memang modusnya adalah melarikan truk yang dipinjam dan masih dalam waktu kredit. “Setelah dilarikan, harapan saya truk tersebut dicari oleh DC atau pihak finance agar ditebus,” ungkapnya.

Kini pelaku dan barang bukti berupa satu unit Truk dump merk Rino HT tahun 2011 warna biru nopol H 1697 CS berikut STNK+Buku Kir diamankan di Mako Polres Magelang. Dan akibat perbuatan pelaku, korban dirugikan sebesar Rp. 165.000.000,.

Atas perbuatannya tersangka melanggar Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan paling lama 4 tahun dan atau pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan paling lama 4 tahun atau denda paling banyak sembilan ratus juta rupiah. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: