Polisi Tetapkan 20 Tersangka Kerusuhan di DPRD Magelang, Mayoritas Pelajar

BNews—MAGELANG— Polres Magelang Kota selesai melakukan pemeriksaaan awal atas kasus dugaan pengrusakan dalam aksi unjuk rasa #MagelangBergerak, Kamis (26/9) lalu. Dari hasil pemeriksaan disimpulkan sudah ada 20 orang yang dijadikan tersangka.

Kapolres Magelang AKBP Idham Mahdi menyebutkan dari 20 orang tersangka tersebut, enam orang di antaranya adalah masyarakat umum, sedangkan 16 orang lainnya merupakan pelajar.

Advertisements


“Karena sebagian mereka masih pelajar kita koordinasikan dengan instansi terkait salah satunya Komite Perlindungan Anak Indonesia (KPAI),” katanya, kemarin.


Dia menuturkan pasal yang dikenakan kepada para tersangka tentang pengrusakan dan perbuatan menyerang petugas, kemudian secara bersama-sama mengakibatkan kerugian materi.

“Statusnya dalam hal ini tersangka, namun kita bisa koordinasikan masalah penahanannya, dari 20 itu sebagian kita pulangkan kepada orang tuanya, oleh karena itu perlu ada pendampingan dari KPAI,” katanya.

Idham Mahdi mengatakan tindakan anarki yang dilakukan peserta aksi kemarin bukan dari mahasiswa. “Kalau mahasiswa tentu dia juga akan arif dan bijaksana karena dia juga pelopor kemartabatan bangsa, kemartabatan masyarakat,” katanya.

Polres Magelang pada Jumat (27/9) telah melepas 39 dari 59 orang yang diamankan dalam aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Kota Magelang. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: