PPMT UNIMMA Berupaya Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi

BNews-MAGELANG- Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Magelang kembali membuka kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Periode IV. Kali ini dilakukan di SD Negeri Kalinegoro 2, Dusun Bromo, Desa Kalinegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

PPMT Periode IV dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dewi Lianasari, M.Pd; dan mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; yaitu Dewi Lestari, Vina Eri Sutanti, Hanifah Rizqiani, dan Oktriana Agus Wardani.

PPMT ini kami megusung judul “Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Metode Role Playing Berbasis Kecerdasan Intrapersonal di SD Negeri Kalinegoro 2”. Dan yang diterapkan di kelas IV.

Terdapat enam karakter yang kami fokuskan untuk diterapkan di SD Negeri Kalinegoro 2 yaitu karakter tanggung jawab, jujur, disiplin, religius, peduli sosial dan mandiri.

Pendidikan karakter harus menjadi prioritas utama dalam dunia pendidikan, Pendidikan karakter merupakan tanggung jawab berbagai pihak, seperti orang tua, sekolah, masyarakat dan negara.

Tujuan adanya pendidikan karakter ini yaitu untuk membentuk karakter dan kepribadian peserta didik yang memiliki nilai moral tinggi, tinggi toleransi, berprilaku baik, dan berakhlak mulia.

Permasalahan yang sering terjadi terkait pendidikan karakter, khususnya di lingkup siswa Sekolah Dasar yaitu pendidikan karakter sudah mulai terlupakan, cara berbicara dan berperilaku santun siswa rendah, pengaruh lingkungan pergaulan siswa, serta dampak negatif gadget.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Penanaman Pendidikan Karakter kami menggunakan metode pembelajaran role playing berbasis kecerdasan intrapersonal sehingga siswa tidak jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Selama penanaman pendidikan karakter siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan karena di selingi dengan ice breaking (game).

Kegiatan dalam penanaman pendidikan pendidikan karakter di SD Negeri Kalinegoro yaitu sosialisasi dan pendampingan terhadap mitra tentang permasalahan pendidikan karakter, sosialisasi kepada siswa kelas IV SD Negeri Kalinegoro 2 terkait pendidikan karakter, pelatihan dan pendampingan pendidikan karakter melalui Metode Role Playing Berbasis Kecerdasan Intrapersonal pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalinegoro 2.

Kegiatan PPMT Periode IV dilaksanakan dari bulan Januari sampai Februari 2022 berjalan sesuai rencana awal kegiatan. Selain itu Tim PPMT juga turut membantu dalam membersihkan dan menata buku – buku yang ada di ruang perpustakaan. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!