PPMT UNIMMA Dampingi UMKM BB Craft Borobudur

BNews–MAGELANG– PPMT merupakan Program Pemberdayaan Masyarakat Terpadu yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang. Program ini merupakan salah satu kegiatan penyetaraan KKN ( Kuliah Kerja Nyata) yang dilakukan kurang lebih 1 bulan atau sudah mencapai minimal 160 jam.

Peserta PPMT periode VI terdiri maksimal 5 orang mahasiswa dan berasal dari minimal 2 prodi . Mahasiswa peserta PPMT periode VI yang bersangkutan diterjunkan langsung dalam lingkungan masyarakat.

Mahasiswa peserta PPMT periode VI dibagi ke beberapa desa di daerah Kota/Kabupaten Magelang. Salah satunya yaitu di Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

PPMT Periode VI dilakukan di Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Anggota kelompok PPMT ini terdiri dari 5 orang, yaitu: Daffa Hafizh Pratama (S1 Teknik Informatika), Ihsan Ardiansyah (S1 Teknik Informatika); Brillian Cahyo Robbi Nugroho (S1 Manajemen), Arsy Gova Prasdika (S1 Manajemen), dan Ajeng Dyah Anggraini ( S1 Akuntansi).

Kelompok PPMT VI Majaksingi didampingi oleh Dosen pembimbing yaitu Bapak M. Resa Yudianto,M.Kom.

Kelompok PPMT VI Majaksingi telah melakukan survey di beberapa home industry atau UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah) di desa Majaksingi.

Berdasarkan survei hasil yang dilakukan oleh kelompok PPMT VI Majaksingi menemukan UMKM; yang Bernama BB Craft di Dusun Kapuhan yang memiliki kendala pada pemasaran dan branding produk.
PPMT VI Majaksingi merupakan salah satu kelompok dalam PPMT Periode VI Disini mereka memilih bidang prioritas rentra pengabdian. Yaitu “Pengembangan pemasaran produk dan penamaan produk”.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Berdasarkan bidang yang diambil sangat cocok dimplementasikan ke UMKM BB Craft yangmana; memiliki kendala produk usaha yang belum memiliki nama brand produk dan pemasaran produk yang masih tradisioanal.

BB Craft yang beralamat di Dusun Kapuhan, Majaksingi Borobudur Magelang. UMKM BB Craft menekuni di bidang jasa pembuatan aneka kerajinan bambu; penjualan aneka olahan jali dan olahan biji kopi.

Pada tanggal 16 Desember 2022 dilaksanakan kegiatan penyerahan atau penerjunan mahasiswa ke lokasi PPMT; di Dusun Kapuhan Desa Majaksingi Borobudur Magelang.

Pada acara tersebut dihadiri oleh dosen pembimbing dan seluruh anggota PPMT serta Pemilik UMKM BB Craft; yaitu Budi. Pihak mitra dan seluruh anggota kelompok PPMT beserta dosen pembimbing telah menyepakati; untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM BB Craft.

Beberapa permasalahan tersebut diantaranya yaitu belum memiliki branding produk biji jali, kopi,kerajinan bambu; minimnya informasi mengenai UMKM belum dapat diakses oleh masyarakat yang lebih luas. Serta pemasaran yang masih sistem tradisional.

Beberapa permasalahan tersebut, para mahasiswa melakukan analisis untuk mencari solusi yang terbaik diantaranya yaitu pembuatan brand logo produk; mendaftarkan UMKM di google maps,dan pembuatan website sebagai media informasi serta pemasaran produk secara digital.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tahapan awal yang mereka lakukan yaitu pada tanggal 20 Desember 2022 melakukan pengambilan foto sampel produk; untuk mendukung pembuatan logo, google maps dan website.

Setelah kegiatan tersebut dilanjutkan dengan diskusi perencanaan pembuatan logo, google maps dan website.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh kelompok pengrajin dusun kapuhan dan anak muda setempat untuk ikut; serta memberikan ide agar berkembangnya pemasaran di dusun Kapuhan.

Pada tanggal 7 Januari 2023 dilakukan kegiatan branding dan packing produk kopi yang dinamai; “ Kopi Goa Impian Menoreh” yang sudah dimodifikasi dengan logo yang telah kelompok PPMT buat. Disana anggota PPMT juga melakukan proses pembuatan website dan google maps.

Kegiatan selanjutnya yaitu pembuatan brand biji jali,memastikan website,serta titik lokasi BB Craft di Google Maps sudah dapat diakses.

Disela- sela kesibukan sebagai mahasiswa, mereka tetap melakukan progress kegiatan PPMT VI Majaksingi; agar hasil dari kegiatan mereka dapat bermanfaat di usaha mitra. Para Mahasiswa menjadwalkan untuk melakukan diskusi terkait progress kegiatan setiap 2 kali seminggu.

Mereka juga bekerjasama dengan memberikan jobdesk setiap anggota yang sesuai kemampuannya; dalam melakukan kegiatan PPMT VI Majaksingi.

Setelah beberapa minggu pembuatan website, titik lokasi Google Maps, dan Branding produk usaha BB Craft dapat diselesaikan.

Saat ini UMKM BB Craft Kapuhan memiliki website pemasaran yang dapat diakses melalui link : https://bbcraft9.wordpress.com/ . UMKM BB Craft juga sudah memiliki nama brand produk yang dapat diperkenalkan ke masyarakat.

Berdasarkan solusi yang mereka berikan, Budi pemilik UMKM BB Craft beserta keluarga merasa sangat terbantu dengan kegiatan kelompok PPMT VI Majaksingi. Semoga setelah kegiatan implementasi digital marketing dan branding produk ini dapat meningkatkan produktivitas dan penjualan produk BB Craft. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!