PPMT UNIMMA Tingkatkan Semangat Mengaji Anak Di Rejowinangun

BNews–MAGELANG – Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT)  adalah penyerataan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA). Dan kali ini merupakan Periode IV tahun 2022.  

Kali ini kegiatan PPMT dilakukan oleh mahasiswa di TPQ Masjid Jami’ Karang Kidul,  Rejowinangun Selatan, Kota Magelang. Dan kegiatan sosialisasi   berlangsung pada 22 Januari 2022 lalu.

Program pengabdian yang kami lakukan mengangkat tema  tentang “Peningkatan Motivasi Anak Belajar Mengaji dengan Olimpiade  TPA”.  Dosen Pembimbing Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I beserta  lima anggota. Ada Annisa Nurin Ni’mah, Erlina Widyastuti, Rizky  Kurniasari prodi Pendidikan Agama Islam, Istiqomah prodi PGMI, dan  Devita Indah Puspitasari prodi PGSD.

Kegiatan ini memiliki program utama, yaitu mengajak anak  mengurangi waktu bermain gadget, mengajak anak berinteraksi dengan  teman, dan lingkungan masyarakat. Cara seperti inilah yang digunakan  dalam menumbuhkan nilai moral dan memberikan motivasi pada anak  untuk belajar mengaji.

Adanya kegiatan PPMT karena dampak pandemi Covid-19 yang  mengharuskan anak belajar dirumah dengan bermain gadget dan  kurangnya semangat dalam belajar mengaji. Program yang diadakan  berupa kegiatan outbond, mengaji, hafalan hadist, bercerita, lomba, dan  beribadah, ujar Rasyid dan Kharim.

“Begitu pula dengan pengurus TPQ yang menambahkan tentang pemahaman mengenai cara meningkatkan semangat anak agar tidak jenuh, yaitu dengan cara pembelajaran mengaji”, ujar Ghofur.  

Sementara itu, program yang berjalan dengan baik akan membuat anak mengalami peningkatan, serta orang tua terkesan dan bahagia melihat  anak-anaknya rajin belajar dan menguasai ilmu agama.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINi)

Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) merupakan  program kegiatan yang sudah dilaksanakan selama empat periode.  Kegiatan berlangsung selama satu bulan dengan tetap menerapkan  protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, meskipun adanya virus  varian baru yang disebut dengan Omicron.

Meskipun keadaan tidak menentu dengan pergantian cuaca dan  pembatasan kegiatan masyarakat oleh pemerintah; namun semangat  kami tidak menyurutkan anak-anak untuk tetap belajar mengaji. Orang  tua juga ikut mendukung, serta berkontribusi dengan baik.

Program berjalan dengan baik, sehingga mengalami peningkatan  dan bertambahnya anak-anak yang mengaji di setiap harinya. Bahkan  orang tua banyak yang berminat dan antusias mengikuti perkembangan  anak mengaji di TPQ Masjid Jami’.

Kegiatan ini memberikan dampak yang positif bagi anak-anak  dan memberi motivasi serta inovasi yang baik kepada masyarakat TPQ  Masjid Jami’. Karena adanya program kegiatan seperti ini, banyak anakanak yang ikut bergabung dalam belajar mengaji, hingga hampir seluruh  lingkup Magelang Kota berminat untuk belajar mengaji bersama.

Dengan adanya PPMT dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Saya selaku Ketua TPQ Masjid  Jami’ mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang sangat berinovatif  bagi anak-anak Karang Kidul”, ungkap Bapak Wahyu. Kegiatan PPMT  sudah berjalan dengan baik, semoga mampu memberikan dampak positif  dan bermanfaat bagi semua pihak. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!