Puluhan Para Penari Sanggar Dua Atap Magelang Ikuti Ujian Kompetensi

BNews–MAGELANG-– Panggung TIC Mandala Wisata, Komplek Tourist Information Center (TIC) Borobudur tampak penuh dengan para penari (8/10/2022). Mereka merupakan penari yang notabanennya puluhan siswa dari Sanggar Dua Atap Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang.

Mereka disana melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Siswa. Dengan maksud tujuan untuk kenaikan tingkat.

Owner Sanggar Dua Atap, Dharma Wijaya, mengatakan, kegiatan Uji Kompetensi Siswa tersebut adalah ke enam kalinya. Dimana kegiatan tersebut sempat tertunda dua tahun karena adanya Pandemi Covid 19.

“Seharusnya kegiatan ini sudah dilaksanakan ke delapan kalinya, namun karena ada Pandemi Covid 19, maka tertunda dua tahun dan baru ke enam kalinya terlaksana,” ucap Dharma.

Dalam kegiatan Uji Kompetensi Siswa tersebut, lanjutnya diikuti oleh 85 siswa Sanggar Dua Atap. Dimana yang terbagi dalam tiga tingkat, yaitu Pemula, Madya dan Dewasa.

Ia menyebut untuk total siswa Sanggar Dua Atap ada 136 siswa. Siswa yang belum mengikuti Uji Kopetensi adalah siswa baru, yang belum genap satu tahun bergabung di Sanggar Dua Atap.

“Sanggar Dua Atap, setiap tahunnya ada dua Pementasan Bulan Juli adalah pra Uji Kompetensi yang diberi nama kegiatan Jagongan Sentir Lampu. Dan pementasan kedua pada Bulan Oktober adalah Uji Kompetensi,” imbuhnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dharma mengungkapkan, Siswa akan naik tingkat melalui Uji Kompetensi, dengan tiga tingkatan yaitu Pemula dengan penguasaan dasar tari. “ Untuk Tingkat Madya menguasai minimal dua tari kreasi, dan tingkat Dewasa minimal menguasai dua tari klasik,” terang Dharma.

Dalam kegiatan Uji Kompetensi Siswa ini, juga dilakukan pemberian piala, yang dibagi dalam dua jenis. Yakni Piala Motivasi dan Piala Bergilir untuk para siswa peserta Uji Kompetensi.

“Sudah ada piala bergilir yang diberikan kepada siswa penari terbaik tunggal dan terbaik grup. Sedangkan piala motivasi adalah untuk peserta anak-anak yang mendapatkan piala semua; untuk memotivasi agar lebih giat berlatih,” papar Dharma.

Dharma menambahkan, manfaat mengikuti seni tari di Sanggar Dua Atap, adalah untuk melatih otak kanan dan otak kiri, lebih mengenal seni budaya dan membentuk karakter berbudaya.

“Ada salah satu siswa, yang mana anak tersebut susah dikontrol, setelah orang tuanya memasukan ke Sanggar Dua Atap; anak tersebut menjadi lebih dapat mengendalikan diri dari pada sebelumnya,” ungkap Dharma.

Sanggar Dua Atap yang beralamat di Dusun Ngluwar, Desa Ngluwar Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang tersebut melatih siswanya dua kali seminggu di hari Sabtu dan Minggu. (bsn)

IKUTI KAMI BOROBUDUR NEWS DI GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: