Puluhan Pengungsi Merapi Pulang Ke Kampung Meski Masih Siaga

BNews–MUNGKID-– Puluhan pengungsi merapi dilaporkan pulang ke kampungnya kemarin (26/11/2020). Sebanyak 34 warga kembali ke rumahnya yang berjalan sekitar 5 km dari puncak.

Kepela Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Edy Susanto membenarkan dengan pulangnya 33 warga tersebut. “Mereka pulang untuk menengok keadaan rumah dan akan kembali lagi ke tempat pengungsian pada tanggal 30 November 2020,” katanya.

Mereka antara lain 24 warga dari Dusun Karanganyar Kecamatan Dukun yang pulang Kamis sore. Tidak hanya itu, dua pengungsi dari Dusun Batur Ngisor Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun juga dilaporkan pulang. Serta lima orang dari Dusun Ngandong Desa yang sama juga pulang.

“Ketujuh orang yang pulang ini masih pelajar dan akan mengikuti tes,” imbuhnya.

Dengan pengurangan tersebut jumlah total pengungsi masih 787 jiwa. “Mereka semua terbagi di 9 titik pengunsian di 3 Kecamatan,” ujarnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Disebutkan rincian jumlah pengungsi dari 11 Dusun di empat desa tersebut. Mulai dari Desa Paten terdapat Dusun Babadan 1 dan 2, dengan total pengungsi 484 jiwa.

“Dusun Babadan 1 sebanyak 286 jiwa di TEA Desa Banyurojo dan Babadan 2 sebanyak 198 di TEA Desa Mertoyudan,” imbuhnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Lalu dari Desa Krinjing ada Dusun Trono (24Jiwa) Di Gedung Balai Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan. Dusun Pugeran (42 Jiwa) Di Gedung Balai Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan. Dan Dusun Trayem (53 Jiwa) Di Gedung Balai Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan

“Jumlah pengungsi dari Desa Krinjing sebanyak 116 Jiwa,” tegasnya.

Kemudian dari Desa Ngargomulyo terdiri dari Dusun Batur Ngisor (16 Jiwa) di Gedung NU Dsn. Ketaron, Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan. Dusun Gemer (33 Jiwa) di Gedung Futsal Dsn. Tejowarno Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan. Dusun Ngandong (29 Jiwa) Gedung PPP Dsn. Sidoharjo Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan. Dan Dusun Karanganyar (0 Jiwa) di PAY Muhammadiyah Dsn. Nglawisan Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan

“Jumlah pengungsi dari Desa Ngargomulyo sebanyak 78 Jiwa,” terangnya.

Kemudian Desa Keningar ada dari Dusun Banaran dan Dusun Gondangrejo (53 jiwa) di Gedung sekolah SDN 1 Ngerajek. Dusun Banaran, (53 Jiwa) di Rumah Bapak Kades Ngrajeg.

“ Jumlah pengungsi dari Desa Keningar sebanyak 106 Jiwa,” imbuhnya.

Perlu diketahui, lanjut Edy bahwa pengungsi Desa Keningar ini diluar rekomendasi prakiraan bahaya BPPTKG. “Namun atas dasar rasa takut dan trauma akibat kejadian erupsi 2020 maka Pemerintah Desa setempat memfasilitasi evakuasi pengungsian,” paparnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: