Pusat Perbelanjaan 15 Lantai Bakal Dibangun, Walikota Magelang: Jadi Lifestyle

BNews—MAGELANG— Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, mencanangkan pembangunan pusat perbelanjaan di lokasi Eks Magelang Theater dan Eks Tidar Theater pada Jumat (12/2/2021). Hal ini diyakini bisa membuka lapangan pekerjaan untuk warga Kota Magelang.

Sigit mengatakan bahwa pemanfaatan aset Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang tersebut dilakukan dengan kerjasama bangun guna serah. Diketahui pembangunan tersebut adalah kerjasama antara Pemkot Magelang dan PT Grha Karya Investama.

”Nanti ini adalah lifestyle. Ada pusat perbelanjaan, kafe, hotel, apartemen bahkan ada mall pelayanan. Jadi kita dibangunkan ini mendapat pengembalian sekian ribu meter persegi dan diserahkan ke pemda. Jadi aset ini bangun guna serah,” kata Sigit dalam sambutannya dalam acara tersebut, Jumat (12/2/2021).

Dia menjelaskan, pemanfaatan aset tersebut telah melalui jalan panjang dan memakan waktu hingga bertahun-tahun untuk merintis proyek itu. Hal ini agar tidak menyalahi prosedur yang ada.

Sementara itu, Ketua Tim Bangun Guna Serah, M Abdul Azis menjelaskan jika tujuan digelarnya acara pencanangan tersebut adalah untuk memberikan tanda yang dapat diketahui masyarakat. Terkait upaya Pemkot Magelang dalam mengoptimalkan pemanfaatan aset.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Pemanfaatan aset ini dimaksudkan pendayagunaan aset milik daerah yang tidak digunakan untuk penyelenggaraan tugas dan fungsi perangkat daerah dan optimalisasi barang milik pemerintah daerah dengan tidak mengubah status kepemilikan,” ucap Abdul Azis.  

Direktur PT Grha Karya Investama, Yudiarto menambahkan, gedung yang rencananya 15 lantai ini akan dilengkapi mall, pusat kuliner, hotel. Kemudian fasilitas Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE), bioskop, dan mall pelayanan publik.

Adapun pelayanan publik akan sepenuhnya diserahkan kepada Pemkot Magelang sebagai pengelola. ”Kami menyusun rencana dan sudah melakukan pemasaran di Jakarta untuk berkenan investasi dalam proyek ini,” katanya.

Terkait pembangunannya, Yudiarto mengatakan bahwa masih menunggu situasi saat ini kembali membaik. ”Ya, nunggu Covid-19 ini. Saya belum bisa mengatakan kapan akan dimulai pembangunannya. Ya, nunggu zona hijau, semoga segera, lah,” pungkasnya. (mta/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: