Raja Jogja Setujui Pembangunan Tol, Tapi Ada Empat Syarat

BNews—JOGJA— Gubernur Jogjakarta, Sri Sultan Hemengkubowono X akhirnya menyetujui dibangunnya ruas jalan tol Bawen-Jogjakarta dan Solo-Jogjakarta. Namun sejumlah syarat diajukan ke Pemerintah Pusat, salah satunya terkait jalur yang dilalui tidak mengganggu situs peninggalan purbakala.

Hal itu diungkapkan oleh Sekda DIY Gatot Saptadi. Menurutnya, secara kebijakan Sri Sultan sudah menyetujuinya.

Setelah persetujuan ini, akan dilakukan pembahasan lebih teknkis. Termasuk jalur-jalur yang akan dilalui. “Nanti pemerintah pusat kan akan melakukan survei dulu lokasi-lokasi mana saja yang akan terkena jalur tol, nah hasilnya akan dilaporkan Ngarso Dalem baru nanti disepakati yang mana,” papar dia.

Dia menambahkan ada empat pesan yang disampaikan oleh Gubernur Jogja. Diantaranya pemerintah harus melakukan kajian mendalam titik-titik yang akan dilalui.

Loading...

Diantaranya terkait banyaknya keberadaan situs purbakala di sekitar Jogjakarta. Juga terkait kebutuhan lahan supaya dimaksimalkan mengingat minimnya lahan.

Ketiga, diharapkan jika pembangunan tol meminimalisir penggusuran rumah-rumah warga. Paling penting tol harus memberikan manfaat seluas-luasnya untuk kepentingan warga. (wan/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: