Ratusan Lansia Kota Magelang Mulai Disuntik Vaksin Covid-19

BNews—MAGELANG— Ratusan orang lanjut usia (lansia) di Kota Magelang mulai divaksin Covid-19. Gelombang pertama dilaksanakan di Gedung Ayodya RSJ Prof Dr Soerojo Kota Magelang pada Selasa (9/3/2021).

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengatakan, sebanyak 267 lansia yang mengikuti vaksinasi gelombang ini. Sebelumnya, vaksinasi sudah dilaksanakan dengan sasaran sumber daya manusia kesehatan (SDMK), pelayan publik, TNI, Polri dan prioritas lainnya.

Dia menyebut, lansia merupakan kelompok rentan tertular virus corona. Aziz pun berharap tidak ada efek berarti yang terjadi setelah lansia divaksin.

”Vaksinasi Covid-19 merupakan upaya pemerintah untuk menekan penyebaran covid-19. Dengan vaksin ini akan timbul herd imunity atau kekebalan kelompok,” katanya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto, mengatakan sasaran untuk lansia di Kota Magelang sebanyak 30 orang per RW. Adapun di Kota Magelang ada 192 RW. Selain lansia, pada gelombang ini juga diikutkan para pelayan masyarakat yakni Ketua RT, sebanyak 132 orang.

“Sejauh ini tidak ada yang menolak divaksin. Masyarakat senang. Kalau tidak lolos skrining ada, ada yang karena demam, flu, gula darah meningkat, hipertensi, stroke dan komplikasi jantung,” terangnya.

Sementara itu Direktur Utama RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, dr Eniarti menyebutkan, lansia yang divaksin di RSJ Prof Dr Soerojo mayoritas adalah warga Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara.

“Untuk hari ini dilaksanakan 1 dosis vaksinasi dan dosis kedua pada tanggal 28 Maret 2021 nanti,” ucapnya.

Meski telah divaksin, ia mengingatkan masyarakat secara umum untuk tetap patuh pada protokol kesehatan. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: