RESMI!!! Bandara NYIA Kulonprogo Disahkan Presiden Jokowi

BNews—YOGYAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, pada Jumat (28/8/2020). Jokowi diketahui tiba di Bandara YIA sekitar pukul 09.15 WIB.

Rombongan Presiden Jokowi disambut oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Kulonprogo Sutedjo dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Acara peresmian dilakukan di Gedung Menara Pengawas dan Operasional Airnav Indonesia, dan Sistem Peringatan Dini Tsunami, Bandar Udara Internasional Yogyakarta. ”Alhamdullilah, Bandara Internasional Yogyakarta telah selesai 100 persen,” kata Jokowi, Jumat (28/8/2020). Dikutip dari Harianjogja.com.

Jokowi menjelaskan proses pembangunan bandara tersebut membutuhkan waktu selama 20 bulan. Sementara untuk biaya pembangunannya hingga Rp 11,3 triliun.

Menurutnya, bandara yang berlokasi di Kabupaten Kulonprogo ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan Bandara Internasional Adisutjipto di Sleman. Salah satunya, panjang runway yang mencapai 3.250 meter , dibanding bandara lama yang hanya mencapai 2.200 meter.

Alhasil, Yogyakarta International Airport mampu digunakan untuk mendarat pesawat jenis Airbus A380 dan Boeing 777. Seperti pesawat dari Eropa, Amerika, Arab Saudi dan negara Asia yang lain.

Jokowi optimis YIA akan ramai digunakan oleh masyarakat yang ingin menggunakan jasa penerbangan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Loading...

Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap YIA bisa beroperasi dengan sukses dan memberikan manfaat bagi Indonesia khususnya pengembangan perekonomian masyarakat DIY dan sekitarnya. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: