Ribuan Pesepeda Siap Moncerkan Magelang di Jamselinas 2020

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata siap menjadi tuan rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) ke-10. Perhelatan berskala nasional itu sebagai bagian dari kegiatan mendukung program Magelang Moncer Serius 2020.

Ketua Panitia Jamselinas 2020, Aryanto mengatakan, kegiatan akbar tersebut akan digelar tanggal 10 Oktober 2020. Ia optimis target peserta akan sedikit lebih banyak dibanding Jamselinas ke-9 di Palembang dengan 2.000 pesepeda.

”Pendaftaran akan dibuka Maret nanti dan kami membuka kuota pertama 1.500 peserta. Tapi goal kami adalah 2020 peserta,” kata dia dalam acara Launching dan Press Conference Jamselinas 2020 di Gor Samapta, Minggu (26/01).

Ia menambahkan, selain itu untuk ajang silaturahmi antara komunitas sepeda. Termasuk memperkenalkan budaya, kekayaan kuliner serta wisata Kota dan Kabupaten Magelang.

”Rencananya, rute nanti akan dimulai dari Barkorwil kemudian mengelilingi kota dan menuju Kabupaten Magelang. Nanti akan dilewatkan beberapa tempat wisata, seperti Candi Pawon, Candi Mendut dan tentunya Candi Borobudur,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina menuturkan, bersepeda merupakan pilihan mode transportasi darat tanpa polusi. Juga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

”Sesuai dengan salah satu program Pemkot (Magelang) yaitu menumbuhkan budaya olahraga. Kami memberikan fasilitas yang memadahi,” tuturnya.

Selama ini, pemerintah berkomitmen dalam meletakkan fondasi kuat pada bidang olahraga. Acara tersebut merupakan salah satu kegiatan pendukung Moncer Serius, yaitu memperkenalkan Magelang lebih luas lagi.

”Tentunya saya sangat bangga. Kota Magelang sebagai satu-satunya kota kecil yang bisa menjadi tuan rumah Jamselinas ke-10. Magelang itu small but beautiful,” bangga Windarti.

Windarti berharap, acara tersebut nantinya bisa menjai ajang memperkenalkan budaya, kuliner, UMKM dan pariwista di Magelang. Termasuk menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang ke Kota Sejuta Bunga.

”Semoga acara nanti lancar dan bisa lebih mendatangkan wisatawan. Baik regional, nasional bahkan internasional,”harapnya. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: