Ruas Tol Bawen Jogja Berubah, Akan Lewat Sisi Timur Borobudur

BNews—MAGELANG— Pembangunan Jalan Tol Bawen-Jogja terus dikebut. Saat ini, pemerintah sedang melakukan kajian terhadap trase atau jalur yang akan dilewati jalan bebas hambatan ini.

Rencana pembangunan sendiri akan dimulai pada 2020 mendatang. Sejumlah sekenario dimatangkan oleh Pemerintah Pusat, Pemprov Jateng, Pemprov DIY dan Bina Marga.

Sekda Jogjakarta, Gatot Saptadi mengungkapkan jika pembicaraannya sudah selesai dilaksanakan khusus untuk tol Bawen-Jogjakarta. Sehingga proses konstruksi akan segera dilaksanakan. Kemungkinan besar akan mulai dilakukan pada tahun 2020 mendatang.

“Pembangunannya akan menyesuaikan kondisi lapangan. Apakah elevated atau artgrade atau bisa underpass,”tambahnya, kemarin.

Gatot menambahkan, jalan tol Yogya-Bawen nantinya akan melewati Borobudur Magelang. Namun trase jalan tol Jogja-Bawen tersebut tidak melewati sisi barat Borobudur, melainkan sebelah timur. Hal tersebut juga mengakomodir keinginan dari Pemerintah Jawa Tengah.

Karena ada perubahan rencana tersebut, maka akan ada penyesuaian koneksi jalan tol tersebut antara Jogja dan Jawa Tengah. Kendati demikian, Gatot mengklaim hal tersebut bukan menjadi kendala bagi Jogja. Karena Pemprov Jogja sudah menyiapkan skenario Bedah Menoreh. (bn1/wan)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: