Sambut Tahun Baru Imlek, Rupang Kelenteng Magelang Mulai Dibersihkan

BNews—MAGELANG— Menjelang Tahun Baru Imlek 2572 pada Jumat depan (12/2), umat Tridharma membersihkan rupang di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio, Magelang. Berbeda dari tahun lalu, sebelum melakukan prosesi pembersihan, mereka terlebih dahulu melakukan doa bersama agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Ketua Yayasan Tri Bhakti, Paul Candra Wesi Aji menuturkan, perayaan Imlek tahun ini digelar berbeda karena dirayakan di tengah pandemi virus Corona. Salah satunya dengan menggelar doa bersama sebelum membersihkan rupang-rupang di altar kelenteng dengan kuas.

Ya, (berdoa dahulu). Selama ada Covid-19, setiap berdoa pasti kita singgung terus untuk meminta pada Yang Kuasa supaya pandemi ini segera berlalu,” tutur Paul, belum lama ini, (5/2).

Perayaan Imlek tahun ini, pihaknya memastikan untuk meniadakan sejumlah rangkaian acara yang menimbulkan kerumunan. Baik atraksi barongsai, Liang Liong hingga Cap Go Meh.

”Kami menyesuaikan kondisi dan mendukung program pemerintah menekan penyebaran virus corona dengan meniadakan beberapa acara yang mengundang massa,” katanya.

”Jadi, kita menjaga. Saling menjaga tidak seperti biasanya kita rayakan, tapi ritual tetap jalan semua, cuman hanya terbatas. Terbatas jumlahnya personel khususnya hanya panitia inti dan petugas-petugas,” imbuh dia.

Paul menjelaskan, Imlek pada 2021 ini merupakan shio atau Tahun Kerbau Logam. Pihaknya berharap semoga perekonomian dan keamanan tahun ini semakin baik dibandingkan tahun sebelumnya.

”Ini (tahun) Kerbau. Untuk tahun ini, saya kira tahun 2021 akan lebih baik dalam ekonomi, keamanan. Dan semuanya bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Mudah-mudahan Indonesia bisa bangkit lagi, masyarakatnya bisa sejahtera lagi,” harap Paul. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: