Satgas Covid-19 Minta Pemda Karantina Pemudik yang Lolos Penyekatan Selama 5 Hari

BNews—NASIONAL— Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta semua pihak mematuhi kebijakan peniadaan mudik Lebaran 2021. Namun, apabila para pemudik nekat pulang kampung maka Satgas meminta pemerintah daerah mengambil tindakan tegas.

Wiku mengimbau para Pemda untuk mengkarantina pemudik tersebut. Para pemudik yang tiba dikampung halaman dikarantina selama 5×24 jam.

“Saya meminta pemerintah daerah dan satgas di daerah, untuk melakukan karantina selama 5×24 jam bagi masyarakat yang datang dari luar daerah. Sehingga dapat mencegah penularan dengan optimalisasi Posko di desa atau kelurahan,” kata Wiku, dalam konferensi pers yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (11/5/2021).

Wiku menyayangkan tindakan warga yang masih nekat mudik. Menurut dia, pemudik yang pulang ke kampung halaman berpotensi tertular ataupun menularkan Covid-19.

“Penyekatan adalah bagian dari kebijakan pelarangan mudik yang sepatutnya dipatuhi masyarakat agar virus Covid-19 tidak menyebar secara luas,” kata Wiku.

Dia menyebut, penularan virus corona dapat diakibatkan mobilitas orang yang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Karenanya, masyarakat tidak seharusnya melanggar aturan yang ditetapkan pemerintah terkait pelarangan mudik.

Lebih lanjut, Wiku menyebut bahwa dampak dari peningkatan kasus baru yang baru akan terlihat dalam 2 – 3 minggu pasca kegiatan mudik. Potensi peningkatan kasus dapat terjadi apabila masyarakat terus memaksakan diri untuk melakukan mudik.

“Perlu diingat, esensi peniadaan mudik adalah untuk mencegah terjadinya penularan dan lonjakan kasus,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: