Sebagian Melayang dan Tembus Bukit, Tol Jogja-Bawen Dibangun Agustus 2021

BNews—MAGELANG—Pembangunan ruas Jalan Tol Yogyakarta-Bawen direncanakan bakal dimulai pada Agustus 2021 mendatang. Sebagian ruas akan dibangun dengan struktur elevated atau melayang.

Dengan total panjang tol 75,82 kilometer, 6,15 kilometer di antaranya akan dibangun melayang di ringroad barat Yogyakarta, tepatnya di atas selokan Mataram. Sedangkan sisanya, akan dibangun dengan desain struktur at grade atau di atas tanah.

”Jalan Tol Yogyakarta-Bawen melintas di 2 provinsi yaitu provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 kilometer dan Yogyakarta sepanjang 8,77 kilometer dengan total panjang 75,82 kilometer,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, di area Marga Utama, kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jumat (13/11/2020).

Pada ruas tol yang akan dibangun dengan struktur at grade, sebagiannya bakal melintasi tiga tunnel atau terowongan yang membelah bukit. Tujuan dibangunnya terowong membelah bukit ini agar tidak merusak kondisi alam di lokasi.

”Di antara Ambarawa dan Temanggung, ada potensi lokasi tunnel. Dan itu menjadi perintah saya. Karena saya tidak ingin merusak Banaran. Banaran itu (lokasi-red) kopi. Itu adalah kawasan yang sejuk,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

”Kita punya Semarang-Solo kita memangkas ratusan meter bukit, saya kira itu tidak akan saya ulangi di Yogya-Bawen ini. Dengan tunnel orang menjadi merasa memang kita di daerah wisata,” sambungnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data Kementerian PUPR, tiga terowongan itu akan dibangun di sekitar kawasan Pingit. Diantara trade Simpang Susun (SS) Temanggung dan SS Ambarawa.

Loading...

Diketahui bahwa Simpang Susun Temanggung terletak di Kecamatan Tringsurat, Kabupaten Temanggung. Simpang tersebut menghubungkan jalan tol dengan akses jalan nasional Magelang-Semarang.

Sedangkan, Simpang Susun Ambarawa terletak di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang. Simpang itu menghubungkan Jalan Tol Yogya Bawen dengan akses jalan nasional Ambarawa-Bawen. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: