Sejumlah Delegasi G20 Borobudur, Apresiasi Pameran di Balkondes Ngargogondo

BNews–MAGELANG– Direktorat Pelindungan Kebudayaan Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi menggelar sebuah pameran. Yakni dengan objek pemajuan kebudayaan pada kegiatan sarasehan gathering delegasi cultural minister meeting (G20) di Borobudur, Minggu malam (11/8).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balkondes Ngargogondo Borobudur ini merupakan sebuah sajian selamat datang bagi para delegasi yang hadir pada rangkaian kegiatan G-20 di Kawasan Borobudur.

 Pada kegiatan tersebut para delegasi bisa menikmati berbagai kuliner yang dipamerkan serta bisa melihat aneka kerajinan khas dari Borobudur dan sekitarnya.

Pameran kebanyakan di isi produk objek pemajuan kebudayaan yang telah di inventarisasi oleh Direktorat Pelindungan Kemendikbudristek pada beberapa bulan terakhir.

Salah satu pengisi pameran Wahyudi menyebutkan pameran ini jadi ajang menampilkan produk kita ke Internasional.

“Saya menampilkan produk berupa kerajinan bambu, selain itu ada juga batik, gerabah, sapu rayung dan jamu gendong. Adapula pameran kuliner berupa peyek petho, susu kambing, kopi, ronde, wedang rempah, gula jawa, jenang dan bolu batik,” katanya.

Menurut Koordinator Pameran, pameran objek atau potensi kebudayaan di kawasan borobudur pada kegiatan sarasehan gathering; adalah hal wujud nyata untuk menunjukkan budaya-budaya Indonesia di mata dunia.

Beberapa delegasi juga mencicipi kuliner khas Indonesia seperti jamu dan kopi. Ada pula yang mencoba permainan tradisional seperti gangsing dan egrang.

 “I feel happy in here” ungkap salah satu perwakilan delegasi dari negara india. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!