Selain MPLS, SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka Pada Siswa Baru

BNews–MAGELANG— Suasana meriah terjadi di SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang selama tiga hari terakhir. Dimana siswa baru Kelas 1 melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sejak tanggal 13-15 Juli 2022.

Selain MPLS, siswa kelas 1 dan 4, pada tahun ajaran baru ini mulai jalankan kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka.

Disebutkan bahwa banyak sekali perbedaan dari pada kurikulum sebelumnya. Dimana Kurikulum Merdeka utamakan kebebasan belajar, walaupun kebebasan terarah namun muatan belajar bisa dinilai.

“Dimana pada kurikulum sebelumnya ada muatan yang kesulitan untuk penilaian. Dan dikurikulum Merdeka ini hal tersebut telah disempurnakan,” Kepala SD Terpadu Ma’arif Gunungpring, Fitri Haryanti,S.Pd. Kamis (14/7/2022).

Sementara untuk kegiatan MPLS ini berjalan cukup seru dikarenakan sempat tidak diadakan selama pandemi Covid 19 pada dua tahun kemarin.

“Sesuai dengan peraturan edaran Pemerintah untuk tingkat SD maksimal empat kelas, dengan siswa satu kelas berjumlah 30 siswa, dengan total siswa baru sejumlah 105 siswa,” imbuhnya.

Ditanya sebaran asal siswa baru di sekolah tersebut, Fitri menyampaikan hampir dari pelosok Magelang ada, bahkwa luar provinsi juga ada.  “Siswa baru berasal dari sekitar Muntilan, Salaman,Tempel Sleman, Srumbung, Dukun, Kalibawang Kulonprogo dan Borobudur. Kami juga sediakan delapan armada antar jemput jika wali murid berkenan,” jelas Fitri.

Dalam kegiatan MPLS tersebut, siswa baru mengenal lingkungan sekolah, dengan bimbingan guru setempat. Mulai dari mengetahui sarana prasarana fasilitas sekolah, dalam bentuk kelompok dengan tema “Aku Anak Kelas Satu” untuk saling mengenalkan diri.

Selain itu juga diadakan Outbond, Pentas Seni, Tanam Bibit Pohon,Tebar Benih Ikan di Kali Blongkeng sebagai bentuk bakti sosial ke masyarakat.

“Kami harap dengan kegiatan ini anak siswa baru menjadi lebih siap untuk belajar di tahun ajaran baru ini,” harapnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: