Anak Yatim Piatu ISIS Akan Dipulangkan

BNews–NASIONAL– Kabar mengejutkan datang dari Menko Polhukam Mahfud MD.Dirinya menyampaikan bahwa pemerintah telah memutuskan pemulangan anak-anak eks ISIS.

Hal itu diperinci yakni anak yang masih berusia dibawah 10 tahu dan yatim piatu. Hal tersebut menyusu berbagai pertimbangan pemerinta terkait pemulangan mereka dari Suriah.

“Kini pemerintah sedang mengidentifikasi jumlah anak-anak WNI eks ISIS untuk dipulangkan ke Indonesia,” ungkap Mahfud MD (24/2/2020).

Namun ditegaskannya. Bahwa pihkanya tetap kembali ke prinsipnya dahulu yakni hanya  anak-anak di bawah 10 tahun yang yatim piatu itu akan dipulangkan. “Itu kebijakannya sudah resmi,” imbuhnya.

Mahfud juga menyampaikan bahwa saat ini, pemerintah masih berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Hal ini terkait teknis pemulangan anak-anak WNI eks ISIS ini. Termasuk bagaimana pembinaannya nanti setibanya di Indonesia.

“Kalau teknis pemulangan itu gampang aja, kalau sudah ketemu dan sudah betul memenuhi syarat untuk dipulangkan, kalau itu mungkin biasa aja lewat dijemput, dibawa dan sebagainya. Itu teknis,” jelasnya.

Selain teknis kepulangan, Mahfud menyampaikan pemerintah juga masih mengidentifikasi anak-anak di bawah 10 tahun yang akan dipulangkan. “Sekarang itu kita baru pada tahap inventarisasi, apa betul ada yang berusia di usia 10 tahun itu. Kalau ada itu ada di kamp yang mana atau di negara mana. Ini semua masih dalam proses identifikasi yang dilakukan oleh BNPT,” pungkasnya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: