Bikin Bangga, Siswa Asal Magelang Raih Medali Emas di Kompetisi Sains International

BNews—MAGELANG—Muhammad Fikri Aufa, 13, pelajar SMP IT Ihsanul Fikri berhasil meraih medali emas dalam kejuaran sains tingkat Internasional di Singapura. Sejak duduk dibangku SD, Fikri memang sudah suka mengikuti kompetisi.

Fikri berhasil menyisihkan ratusan peserta dari berbagai negara dalam Vanda International Science Copmpetition 2020 secondary 2 (Grade 08) Results di Singapura. Dalam kompetisi tersebut, Fikri menjadi salah satu peserta yang berhasil meraih medali emas.

“Rasanya bangga berhasil meraih medali emas dalam kompetisi ini. Saya menjadi salah satu wakil dari Indonesia,” kata Fikri.

Kompetisi Internasional ini diadakan secara daring pada tanggal 15 Agustus 2020. Materi yang diujikan adalah materi IPA kelas 8 meliputi Fisika, Biologi, dan Kimia.

Fikri mengungkapkan meski diadakan secara daring, lomba ini diawasi secara ketat. Dan ia mampu mengerjakan soal dengan tuntas, dan satu bulan kemudian Fikri ternyata berhasil masuk dalam grade lima persen nilai tertinggi.

Terdapat 9 negara yang mendapatkan medali emas yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, Ghana, India, Cambodia, dan Uzbekistan. Fikri mengaku mempersiapkan kompetisi ini sekitar satu minggu sebelumnya.

“Persiapan sekitar satu minggu sebelumnya. Tiap malam belajar dan berdoa. Kalau kejuaraan internasional, ini yang kedua kalinya. Hadiah belum dikirim, berupa medali sama piagam,” ujarnya.

Loading...

Ternyata ini bukan kali pertama Fikri berhasil memenangkan lomba di kancah Internasional. Putra pertama pasangan Rismanto dan Irma Dwi Julianti ini memang sudah suka mengikuti lomba sedari sekolah dasar, bahkan saat itu dirinya berhasil menjadi juara pertama dalam kejuaraan science di China.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

“Sejauh ini kedua kali. Pertama dulu, di SDIT Cahaya Insani Temanggung. Juara international IPA, kejuaraan di China Tahun 2018. Dari kecil saya memang sudah menyukai matematika. Rasanya mengerjakan perhitungan sangat menantang bagi saya,” tuturnya

Kesenangan Fikri pada sains dan matematika berawal dari ayahnya yang juga bekerja di laboratorium. Orangtua Fikri, Rismanto (39), selalu mendorong putra sulungnya dalam pendidikan.

Dia mengakui bahwa Fikri memang menyenangi sains sejak kecil, hobinya pun gemar membaca buku bahkan sering baca-baca buku yang dimilikinya.

“Ya memang saya arahkan di IPA karena saya sendiri basicnya juga IPA, kadang anak saya juga baca-baca buku punya saya. Jadi kok suka IPA sampai sekarang tekun di IPA,” kata pria yang bekerja di Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung.

Rismanto berharap dengan prestasi yang di raih Fikri dapat mendorong teman-teman seusianya untuk lebih giat belaajr dan berani berkompetisi.

“Semoga bisa mendorong anak-anak seusia Mas Aufa untuk lebih giat belajar, untuk berani berkompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. Ya dari SD sering ikut lomba-lomba, ada LCC, ada dokter kecil, ada IPA,” pungkasnya. (magang/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: