Seorang TNI Gadungan Diamankan, Sempat Bentak Anggota Kodim: Ngapain Tanya-tanya Kita Sama-sama Tentara

BNews—NASIONAL— Seorang laki-laki asal Rokan Hilir, Riau diamankan anggota TNI dan diserahkan ke kantor polisi. Lantaran, laki-laki bernisial RM (45) tersebut diduga melakukan pemalsuan identitas.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto mengungkapkan bahwa kejadian bermula saat Pasi Ops Kodim 0321/Rohil Kapten Inf M Manurung dan personel Provost melintas di jalan lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi menuju markas, Selasa (14/9/2021), pukul 07.30 WIB.

Mereka melihat seorang laki-laki berseragam TNI AD dengan gelagat mencurigakan mengendarai sepeda motor. Kemudian laki-laki itu diberhentikan dan ditanya identitasnya.

“Saat ditanya petugas, pelaku menjawab dengan nada keras, ‘ngapain ditanya-tanya kita sama-sama tentara’,” ucap Nurhadi, Sabtu (18/9/2021).

Kemudian, laki-laki tersebut ditanya kembali dari satuan mana namun jawabannya berubah-ubah. Begitu juga ketika ditanya nomor registrasi pusat (NRP).

Pelaku menjawab dengan ragu dan tidak mengetahui NRP. Selain itu, petugas juga melihat brevet yang digunakan pelaku salah tempat.

”Karena tak bisa menjawab, RM dibawa ke Pos POM TNI AD di Bagansiapiapi,” ujar Nurhadi.

Dia menjelaskan, usai diperiksa, akhirnya RM mengakui bahwa bukan prajurit TNI AD. “Pelaku diserahkan oleh anggota Kodim 0321/Rohil ke Polsek Bangko guna pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya.

TNI gadungan ini, lanjut Nurhadi, diamankan dengan barang bukti masing-masing satu pasang baju dinas TNI AD, HT radio, jam tangan warna hijau. Kemudian kartu tanda anggota TNI AD dengan pangkat Serma/Raider dan jabatannya sebagai Badan Intelijen Negara/Sekodam.

Petugas juga menyita masing-masing satu pasang baju dinas PDLT TNI AD, pisau sangkur, sepatu PDH TNI AD, KTP, dan surat dinas TNI AD. (mta)

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: