Sepuluh Nama Orang Terkaya di Indonesia

BNews—NASIONAL—Deretan orang orang terkaya di Indonesia memiliki berbagai usaha diberbagai bidang. Mereka merintis dari nol.

Berikut sepuluh orang paling kaya di Indonesia :

1. R Budi & Michael Hartono

Hartono bersaudara memiliki kekayaan sebanyak USD37,3 miliar atau Rp525,3 triliun (Kurs Rp14.000/USD). Akar kekayaan keluarga berasal dari pembuat rokok kretek Djarum, dimulai oleh ayahnya dan sekarang dijalankan oleh putra Budi, Victor.

2. Keluarga Widjaja

Keluarga konglomerat ini mengantongi kekayaan senilai USD9,6 miliar atau Rp135,2 triliun. Saat ini Sinar Mas mereka memiliki minat di bidang kertas, real estat, jasa keuangan, agribisnis dan telekomunikasi.

3. Prajogo Pangestu

Pada posisi ketiga, Prajogo memiliki kekayaan sebesar USD7,6 miliar atau Rp107,03 triliun. Perusahaannya PT Barito Pacific Timber go public pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayu pada tahun 2007.

4. Susilo Wonowidjojo

Dengan nilai kekayaan USD6,6 miliar atau Rp92,9 triliun, Susilo berhasil menorehkan diri diposisi keempat. Ayahnya Surya, yang tampaknya mulai bekerja untuk bisnis tembakau pamannya, mendirikan Gudang Garam pada tahun 1958.

5. Sri Prakash Lohia

Pengusaha berusia 67 tahun itu memiliki kekayaan senilai USD5,6 miliar atau Rp 78,9 triliun. Pada tahun 1970-an ia dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia, di mana mereka mendirikan Indorama sebagai pembuat benang pintal. Sekarang menjadi pembangkit tenaga listrik petrokimia, membuat produk industri termasuk poliolefin pupuk, bahan baku tekstil dan sarung tangan medis.

6. Anthoni Salim

Menempatkan dirinya di posisi keenam nilai kekayaan senilai USD5,5 miliar atau Rp77,5 triliun. Salim adalah CEO Indofood, salah satu pembuat mie instan terbesar di dunia.

7. Tahir

Tahir memiliki kekayaan USD4,8 miliar atau Rp67,6 triliun. Tahir, yang dikenal dengan satu nama, adalah pendiri Mayapada Group, sebuah perusahaan dengan minat di bidang perbankan, rantai rumah sakit dan, yang paling menonjol, real estat.

8. Boenjamin Setiawan

Mengantongi kekayaan sebesar USD4,35 miliar atau Rp61,3 triliun. Ia mendapatkan kekayaannya dari bisnis obat-obatan. Boenjamin Setiawan, yang memiliki gelar doktor di bidang farmakologi, mendirikan Kalbe Farma di sebuah garasi pada tahun 1966 dengan lima saudara kandungnya.

9. Chairul Tanjung

Anak singkong ini memiliki kekayaan sebesar USD3,6 miliar atau Rp50,7 triliun. Chairul Tanjung CT Corp. terkenal karena menerbitkan kartu kredit, mengoperasikan hypermarket, dan menjalankan stasiun TV. Trans Retail-nya memiliki toko kelontong di bawah merek Carrefour dan Transmart.

10. Jogi Hendra Armadja

Pendiri Mayora Grup ini mengantongi kekayaan sebesar USD3 miliar atau Rp42,2 triliun. Jogi Hendra Atmadja adalah kepala Mayora Group, salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia; menjual kopi, sereal, permen, biskuit, dan lainnya. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: