Server Eror Pelayanan KTP di Magelang Terganggu

BNews—MAGELANG—Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang belum bisa berjalan seperti biasa meskipun telah dibuka. Yakni pada layanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Kepala Disdukcapil Kota Magelang Larsita mengungkapkan gangguan tersebut akibat server Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang alami kendala. Setelah terjadi pemadaman listrik cukup lama beberapa waktu lalu.

”Disertai juga uninterruptible power supply (UPS) yang tidak memadai. Saat ini masih memperbaiki dengan mendatangkan ahlinya,” ungkapnya.

Dia mengaku, dari sekian pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang sudah bisa berjalan, hanya pada percetakan KTP eletronik yang macet. ”Setiap harinya, hampir 200 permohonan pencetakan bagi pemula,” imbuhnya.

Meski demikian, kata Larsita, perekaman KTP elektronik tetap dilayani ”Namun cetaknya yang belum bisa,” kata dia.

Sementara itu, Administrator database Disdukcapil Kota Magelang Purwono memaparkan, server tersebut menyimpan data penting. Yakni data biometrik penduduk yang sudah perekaman baik dari iris mata, sidik jari dan tanda tangan.

“Filenya besar sekali, sehingga membutuhkan waktu untuk memasukkan lagi ke server,” paparnya.

Loading...

”Untuk server cetak, yang awal membangun adalah Dirjen kemudian dibangun ulang disini termasuk konfigurasinya. Karena server baru dan memasukkan backup ke server itu juga butuh waktu,” sambungnya.

Sedangkan untuk tahap perbaikan server, kata Purwono, telah mencapai 90 persen. Ditergetkan dalam waktu dekat dapat difungsikan, dan pelayanan pencetakan KTP elektronik bisa berjalan lagi. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: