Soal Gaduh Logo TNI Terpasang di Pemkot Magelang, Panglima Angkat Bicara

BNews–MAGELANG-– Panglima TNI Laksamana Yudo Margono angkat bicara ihwal pemasangan logo Mabes TNI di kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang.

Menurut Yudo tidak ada yang keliru dengan pemasangan logo tersebut. Pasalnya, kata dia, bangunan kantor Pemkot Magelang itu memang milik TNI.

“Memang itu punya TNI,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela Rapat Pimpinan TNI-Polri di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2).

Yudo mengatakan sebelumnya logo Mabes TNI juga sudah pernah dipasang di kantor Pemkot Magelang tersebut.

“Lho itu kan memang BMN (barang milik negara)-nya TNI, dan dulunya sudah ada ini lho, (logo) segi lima itu, memang sudah dipasang logo TNI,” jelasnya.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz sebelumnya berencana mengirim surat ke Menko Polhukam Mahfud MD menyusul pemasangan logo dan plang TNI di kantor Pemkot Magelang, Jawa Tengah, Jumat (3/2).

“Saya kemarin berhubungan dengan Deputi Menko Polhukam. Kita akan menyurati Menko Polhukam untuk melaporkan,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tak hanya Mahfud, Aziz mengaku telah berkirim surat ke Panglima Yudo terkait persoalan ini. Ia pun mengaku akan menemui Yudo pada pekan ini.

“Oh ya, saya juga nyurati beliau (Panglima TNI). Kemarin saya sudah perintahkan, apakah prosesnya sudah jalan, kita tunggu. Minggu depan, tergantung beliau juga bisa menerima kita kapan, wong kita mau silaturahmi. Jadi seperti itu,” kata Aziz.

Polemik aset kantor antara Pemkot Magelang dan TNI kembali mengemuka setelah pertengahan Agustus 2021 lalu, gedung kantor Pemkot Magelang dipasangi logo TNI oleh Akademi Militer.

Alhasil, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz kala itu segera mengirim surat resmi ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait pemasangan logo TNI di kantornya.

Pada pertengahan September 2022, persoalan itu dirapatkan pihak terkait di Kantor Kemenko Polhukam di bawah kepemimpinan Menko Polhukam Mahfud MD.

Hasilnya Pemkot Magelang dan TNI menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penyerahan dan Penerimaan Hibah Tanah dan Bangunan di Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah, Selasa (13/9/2022)

Pada 30 Januari 2023, Panglima Yudo menyatakan aset-aset milik TNI di Kantor Pemkot Magelang akan dikembalikan fungsinya sebagai akademi TNI. (*/cnn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!