SPECTRM Rumus Jitu Kemenparekraf Kembangkan Atraksi dan Event

BNews—MAGELANG— Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Generasi Pesona Indonesia (GenPI) menggelar pelatihan peningkatan kualitas sumber daya manusia pengelola desa wisata dan pegiat wisata di lingkar destinasi super prioritas. Kegiatan digelar di Desa Bahasa Borobudur, Kabupaten Magelang selama dua hari, Jumat-Sabtu (7-8/6/2024).

Bertajuk SPECTRM atau Super Priority Event Creator Camp, kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan di beberapa titik yang masuk dalam kategori destinasi super prioritas serta beberapa destinasi pilihan lainnya.

Destinasi super prioritas Borobudur, menjadi titik pertama pelaksanaan SPECTRM. Pelatihan ini diikuti sekitar 50 orang yang berasal dari perwakilan desa wisata atau organisasi.

Ketua Umum GenPI Nasional, Siti Chotijah atau yang akrab disapa Mba Jhe mengatakan pelaksanaan SPECTRM dikhususkan untuk meningkatkan kualitas SDM pariwisata dalam bidang manajemen event.

”Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya kebutuhan dari para pegiat pariwisata atau pengelola desa wisata yang ingin memulai pelaksanaan sebuah event. Atau ingin meningkatkan kualitas dan manajemen dari event yang sudah ada,” katanya dalam keterangan pers yang diterima BorobudurNews, Minggu (9/6/2024).

Mba Jhe menyebut peningkatan kualitas SDM dalam bidang manajemen event ini sebagai sesuatu hal yang penting. Karena event atau atraksi yang berkualitas dan berkelanjutan merupakan salah satu kunci dalam mendatangkan wisatawan ke suatu destinasi.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Sehingga untuk mendukung kebutuhan tersebut, GenPI akan menghadirkan beberapa ahli dalam bidang manajemen event sebagai narasumber pada kegiatan SPECTRM.

“Kita percaya bahwa kualitas suatu event atau atraksi merupakan sebuah kunci untuk dapat menarik kunjungan wisatawan. Terlebih jika event tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan memiliki manajemen yang baik,” ujarnya.

Selama pelaksanaan SPECTRM, para peserta mendapatkan bimbingan dan pelatihan secara dua arah dan interaktif dengan ditemani tiga narasumber yang ahli pada bidangnya.

”Nantinya diharapkan setelah pelaksanaan SPECTRM ini, para peserta bisa menjadi pelopor lahirnya event yang berkelanjutan di desa wisata masing-masing sehingga mampu meningkatkan kuantitas serta kualitas kunjungan yang ada,” harap Mba Jhe.

Tiga narasumber yakni Heru Mataya – selaku inisiator salah satu festival yang cukup fenomenal di Indonesia yaitu Festival Payung Indonesia; Rizanto Binol – selaku ahli dalam bidang strategi branding; dan Sahrodin – selaku trainer dan tokoh wisata Borobudur yang dipercaya menjadi narasumber untuk berbagi pengalamannya masing-masing berkaitan dengan manajemen event. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!