Tahun Depan Seribu jadi Rp 1, Sejuta jadi Rp 1000

BNews–NASIONAL— Pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia (BI) berencana melakukan penyerdehanaan nominal mata uang rupiah. Hal ini disampaikan Gubernur BI Agus Martowardojo .

Direncanakan nominal uang Rp.1000,- akan disederhanakan menjadi Rp.1,-. “Rancangan Undang-undang (RUU) redenominasi sudah masuk Program Legislasi Nasional (Proplegnas) untuk dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tahun 2018 lalu,” katanya.

Advertisements
data-ad-slot="3007616301" data-ad-format="auto">


Agus menyebutkan proses masih berjalan, jika lancar maka tahapan persiapan akan dimulai pada 2018 dan 2019. “Selanjutnya pada 1 Januari 2020 dimulai masa transisi,” imbuhnya.


Disebutkan untuk waktu transisi biasanya membutuhkan waktu empat tahun. “Artinya jika tahun 2020 jadi mulai transisi, maka sampai tahun 2024 berlakulah rupiah lama dan baru,” paparnya.

Agus juga menjelaskan bahwa masa transisi tersebut bersamaan dengan harga-harga barang dan jasa harus dengan Undang-Undang memenuhi untuk dipasang harga-harga baru dan harga lama. “Namun tahapan ini masih bisa berlangsung sampai tahun 2029, setidaknya 11 tahun proses transisi selesai,” pungkasnya. (Internet/bn1/bsn)

1 Comment
  1. Hanna says

    Buat kalian yg suka nggame/ para gamers buruan join di qqharian,net
    Kapan lagi main game berpenghasilan 😉

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: