Waspada Bencana, Relawan Lereng Menoreh Gelar Apel Siaga

BNews-SALAMAN– Wilayah Kabupaten Magelang mulai memasuki musim penghujan. Ancaman bencana tanah longsor mulai mengancam beberapat titik langganan, salah satunya lereng menoreh Salaman.

Oleh sebab itu ratusan relawan Garuda Bukit Menoreh (GBM) menggelar apel siaga bencana di Aula Desa Margoyoso Salaman kemarin (5/1/2020). “Kegiatan apel ini juga untuk mempererat silaturahmi antar relawan dan forkompincam. Serta mempersiapkan diri terhadap curah hujan yang mulai tinggi,” ungkap Ketua GBM, Shoim Setam.

Dalam apel siaga tersebut ini juga langsung dihadiri oleh Kapolsek Salaman AKP Marsodik, penasehat komunitas relawan GBM diantaranya Suroso Singgih dan Dodik Suseno. “Beberapa Kepala Desa di kawasan lereng menoreh juga ikut hadir dalam apel ini,” imbuhnya.

Soim juga menyebutkan, sebelum apel dimulai kegiatan diawali dengan penanaman pohon konservasi dan perindang jalan di sepanjang Desa Margoyoso Salama. “Kita tanami ratusan pohon mulai dari perbatasan dengan Kabupaten Purworejo hingga area Margoyoso,” tegasnya.

Disebutkanya, bahwa dalam apel siaga ini menekankan 3 agenda penting yang harus di jalankan oleh komunitas relawan GBM. “Tiga hal tersebut yakni sebelum terjadi bencana harus melakukan penyadaran dan edukasi terhadap masyarakat di kawasan menoreh. Saat terjadi bencana mempunyai mandat untuk melakukan pertolongan tanggap darurat. Serta saat pasca terjadi bencana mengajak seluruh masyarakat untuk mengkonservasi perbukitan menoreh,” pungkasnya. (bsn)

DPD PKS Magelang Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: